Wow

WhatsApp Pay Akan Masuk ke Indonesia! Begini Cara Menggunakannya

WhatsApp Pay Akan Masuk ke Indonesia! Begini Cara Menggunakannya

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan untuk smartphone. Sudah banyak di antara kita yang memanfaatkan aplikasi ini. Fiturnya pun kini semakin berkembang.

Salah satu fitur yang dikembangkan oleh WhatsApp adalah memungkinkan para pengguna layanan pesan instan itu untuk mengirim dan menerima uang yang disebut WhatsApp Pay.

Baca Juga : 20 Ide Desain Tata Letak PC yang Bikin Kamu Bermimpi Ingin Memilikinya

Pembayaran dan penerimaan uang di WhatsApp Pay sendiri dilakukan langsung melalui chat. Untuk keperluan otentikasi, pengguna diwajibkan memasukkan nomor PIN yang terdiri dari enam digit. Untuk bisa memanfaatkan layanan WhatsApp Pay, penggunanya harus mendaftarkan kartu kredit atau kartu kredit yang sudah bekerja sama dengan WhatsApp.

CEO Facebook Mark Zuckerberg pun pernah menyatakan, fitur WhatsApp Pay akan diprioritaskan di Brasil, Indonesia, India dan Mexico, demikian dilansir Financial Times. Keempatnya dipilih karena saat ini berada dalam daftar 5 besar negara dengan jumlah pengguna layanan WhatsApp yang terbanyak di Dunia.

Agar bisa beroperasi resmi di Indonesia WhatsApp Pay harus mengantongi izin dari Bank Indonesia. Hal ini mengacu pada ketentuan yang mengatur mengenai Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran (Penyelenggaraan PTP) dan Penyelanggara Jasa Sistem Pembayatan (PJSP).

Tetapi sampai artikel ini terbit dan merangkum dari beberapa sumber, pihak Bank Indonesia belum mengeluarkan izin untuk WhatsApp Pay.

Selain mengusahakan izin dari Bank Indonesia, pihak WhatsApp juga dalam proses berdikusi dengan beberapa calon mitranya seperti Bank-Bank dalam negeri dan beberapa perusahaan pembayaran digital seperti Gojek, Dana, dan Ovo.

To Top