in

Tips Tetap Sehat Meski Berpuasa Saat Mudik

Ilustrasi (foto: iStock)

Perjalanan mudik yang jauh bisa saja membuat Anda untuk tidak berpuasa karena kelelahan. Namun sebenarnya Anda bisa kok tetap sehat meski berpuasa saat sedang mudik. Ikuti beberapa tips berikut ini yang sudah Wow Menariknya rangkum untuk Anda yang ingin tetap bepuasa saat mudik.

5. Minum yang banyak saat sahur

Yang paling penting agar tubuh Anda tetap sehat saat sedang mudik yaitu jangan sampai cairan dalam tubuh Anda kurang. Minumlah kalau perlu tiga sampai empat gelas air putih saat sahur. Dan jangan coba-coba minum-minuman yang bersoda atau mengandung bahan pewarna seperti sirup.

4. Makan sayuran dan buah-buahan saat sahur

Saat Anda akan mudik di siang hari, sebaiknya makanan yang Anda konsumsi saat sahur mengandung nutrisi yang banyak. Misalnya saja sayur-sayuran dan buah-buahan. Mereka akan memberikan energi yang cukup untuk tubuh Anda agar tetap sehat meski berpuasa saat mudik.

3. Memiliki waktu tidur yang banyak

Sehari sebelum Anda pergi untuk mudik, jangan sampai tubuh Anda kelelahan karena kekurangan tidur. Jika Anda kekurangan tidur, maka itu bisa membuat tubuh Anda jadi lelah. Belum lagi ditambah perjalanan yang sangat jauh, hal itu akan semakin memperburuk tubuh yang pada akhirnya Anda jatuh sakit.

Jadi tidurlah yang cukup saat malam sebelum keesokan harinya Anda mudik. Kalau mengalami susah tidur, coba minum segelas susu dan roti ditambah selai kacang, mungkin itu akan membantu tidur Anda jadi nyenyak.

2. Jangan terlalu banyak aktivitas

Selain tidur, aktivitas yang Anda lakukan sehari sebelum berangkat harus diperhatikan juga. Jangan sampai tubuh Anda tidak dalam kondisi yang fit saat akan mudik karena terlalu lelah akibat aktivitas yang padat. Coba untuk tidak beraktivitas dulu saat akan mudik. Kalau merasa aktivitas itu tidak bisa ditinggalkan sebaiknya Anda harus meluangkan waktu istirahat di tengah padatnya aktivitas Anda.

1. Istirahat

Kalau merasa tubuh sudah mulai pegal dan lelah dalam perjalanan, sebaiknya Anda jangan memaksakan diri dan mulai untuk beristirahat sejenak. Dan jika Anda merasa masih kuat untuk berpuasa, Anda boleh melanjutkannya, tetapi jika merasa tubuh Anda tidak mampu lagi berpuasa, jangan sungkan untuk berbuka karena takut tubuh Anda nanti jadi sakit.

Loading...
Loading...