in

Tips Hadapi Hari Pertama Puasa

Tidur siang (foto: alislamalazhar7)

Tinggal menghitung hari lagi menginjak hari pertama bulan Ramadhan 1436 H. Tentunya menghadapi hari pertama puasa itu agak sedikit sulit dibandingkan dengan hari-hari puasa selanjutnya. Hal itu disebabkan karena tubuh belum terbiasa menahan lapar dan haus selama seharian penuh.

Kecuali bagi orang-orang yang rajin menjalankan puasa sunnah, menghadapi hari pertama puasa itu tidak akan terlalu terkejut. Tapi bagi yang jarang, menghadapi hari pertama puasa itu dianggap sulit.

Bagi yang merasa kesulitan dan takut hari pertama puasa Anda batal, coba ikuti beberapa tips ini agar puasa hari pertama kamu lancar dan tubuh tetap sehat.

4. Sahur sehat

Kebanyakan orang akan menganggap bahwa dengan makan banyak saat sahur bisa membuat tubuh menahan lapar dari pagi hingga waktu berbuka puasa tiba. Tapi tidak seperti itu, justru dengan makan terlalu banyak bisa mendatangkan beberapa masalah kesehatan, seperti sakit perut, mual dan pusing.

Oleh sebab itu, sajikan makanan yang sehat yang kaya akan vitamin dan bebas dari lemak dan minyak. Cobalah sediakan semangkuk sup hangat ditambah dengan nasi secukupnya. Kemudian minumlah dua gelas air putih. Kalau bisa sajikan dua biji kurma, karena buah ini kaya akan serat yang dipercaya mampu menahan rasa lapar.

3. Tidur yang nyenyak

Semalam sebelum hari pertama puasa dimulai, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, Anda akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas di siang hari nanti meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Kebanyakan orang gagal menjalankan hari pertama puasa karena tubuh lelah saat beraktivitas. Salah satu yang menyebabkannya adalah kurangnya waktu tidur saat malam hari. Jadi, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup sebelum hari pertama puasa dimulai.

2. Siapkan daftar kegiatan

Menghabiskan banyak waktu dengan melakukan kegiatan bisa membuat Anda merasa waktu itu berjalan lebih cepat. Oleh karena itu, siapkan daftar kegiatan di hari pertama puasa  dari pagi hingga sore hari, seperti ngabuburit bersama teman, atau jalan-jalan bersama kekaish, nonton bioskop, tadarus Al-Quran, dan sebagainya. Tapi ingat, jangan melakukan kegiatan yang terlalu berat yang akan membuat tubuh mudah lelah.

1. Tidur siang

Tidur siang juga sangat efektif untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Tapi yang jadi masalahnya, tidur siang terkadang sulit karena keadaan perut yang lapar dan haus. Oleh sebab itu, jika Anda memliki waktu tidur malam yang cukup, kemungkinan besar Anda akan dengan mudah melakukan tidur siang meski kondisi perut sedang lapar.

Loading...
Loading...