Wow

Tak Hanya Enak, Tapi Terdapat Segudang Manfaat Buat Kamu yang Suka Minum Cokelat Panas

Tak Hanya Enak, Tapi Terdapat Segudang Manfaat Buat Kamu yang Suka Minum Cokelat Panas

Cokelat bisa dinikmati dalam berbagai bentuk. Bisa lewat chocolate bar (seperti dark chocolatemilk chocolate, dan sebagainya), puding, hingga minuman seperti milkshake atau cokelat panas alias hot chocolate.

Selain memberikan kehangatan, secangkir cokelat panas (hot chocolate) juga menyimpan berbagai manfaat “manis” bagi kesehatan tubuh. Penasaran dengan beragam manfaat yang kamu dapat bila rutin meminum cokelat panas? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Baca Juga : Ingin Sehat Tanpa Ribet? Coba Minum Minuman Sehat Berikut

1. Meningkatkan produksi endorfin

Endorfin adalah jenis hormon yang berfungsi untuk meredakan nyeri, membuat tidur jadi nyenyak, serta mencegah cemas dan depresi. Nah, konsumsi cokelat panas akan membantu kamu meningkatkan produksi hormon tersebut, sehingga berdampak pada suasana hati (mood) yang lebih baik.

Menurut sebuah studi dalam Malaysian Journal of Nutrition tahun 2011, ada hubungan antara cokelat dan suasana hati yang sangat kompleks, menggabungkan komponen psikofarmakologis, nutrisi, dan karakteristik sensorik makanan. Perbedaan individu dan situasi pada konsumsi cokelat juga dapat memengaruhi suasana hati.

Meski demikan, hubungan antara konsumsi cokelat dan emosi masih memerlukan penelitian multi cabang lebih lanjut untuk benar-benar mengetahui hubungan antara perubahan mood saat mengonsumsi cokelat.

2. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Manfaat cokelat untuk kesehatan jantung sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Manfaatnya antara lain mengembalikan kelenturan arteri, serta mencegah sel darah putih menempel di dinding pembuluh darah.

Menurut sebuah penelitian dalam European Journal of Heart Failure tahun 2014, konsumsi cokelat dalam jumlah sedang mungkin berhubungan dengan penurunan risiko gagal jantung.

Selain itu, berdasarkan penelitian dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine tahun 2004, disebutkan bahwa cokelat terbukti mampu menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dan meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik. Artinya, risiko terjadinya aterosklerosis, yaitu penyakit penumpukan plak di arteri, bisa berkurang.

3. Baik juga untuk otak

Konsumsi cokelat panas secara rutin juga bisa bermanfaat untuk otak kita. Meminum dua cangkir. Menyesap cokelat panas dua cangkir dalam sehari akan membantu meningkatkan aliran darah, yang mana ini baik untuk tubuh.

Menurut sebuah penelitian dari American Academy of Neurology tahun 2013, ditemukan bahwa dua cangkir cokelat dalam sehari dapat membantu meningkatkan aliran darah ke bagian penting otak.

4. Menjaga mood lebih baik saat hamil

Ibu hamil pun disarankan untuk rutin minum cokelat panas secara rutin. Bukan hanya untuk sang calon ibu, tetapi juga untuk bayi yang ada di kandungan.

Seperti yang disebutkan dalam sebuah laporan dalam jurnal Early Human Development tahun 2004, mengonsumsi cokelat setiap hari dapat memengaruhi temperamen bayi menjadi lebih positif pada usia 6 bulan.

Selain itu, stres prenatal pada ibu akan menghasilkan perasaan subjektif dari kesejahteraan psikologis, artinya perasaan akan menjadi lebih positif.

5. Punya keampuhan antioksidan

Cokelat dipercaya sebagai antioksidan yang tentunya baik untuk tubuh. Manfaatnya meliputi melindungi rusaknya susunan DNA sel, menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, mengantisipasi peradangan, dan menguatkan daya tahan tubuh.

Menurut penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2012, kandungan antioksidan, polifenol, dan flavanol dalam cokelat lebih tinggi ketimbangan buah-buahan super seperti blueberry dan cranberry, lho!

6. Meningkatkan memori

Cokelat juga disebut-sebut dapat meningkatkan neuroplastisitas di otak, memengaruhi memori, sehingga meningkatkan daya ingat.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Loma Linda University Adventist Health Sciences Center tahun 2018 cokelat dapat meningkatkan neuroplastisitas untuk manfaat kesehatan otak dan perilaku, serta memiliki efek positif pada tingkat stres, inflamasi, suasana hati, ingatan, dan kekebalan tubuh.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hubungan antara peningkatan daya ingat dan konsumsi cokelat.

 

To Top