in

Sejarah Terciptanya Senjata Nuklir

Nuklir adalah senjata pembunuh masal yang mampu menenggelamkan sebuah kota hanya dalam satu kali serangan. Senjata ini pernah digunakan dua kali dalam peperangan ketika Perang Dunia II oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota besar di Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki.

Ilustrasi ledakan nuklir (images: puzzleminds)

Negara-negara yang memiliki senjata ini antara lain Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Perancis, Republik Rakyat Cina, India, Korea Utara dan Pakistan.

Lalau bagaimana senjata pemusnah ini bisa diciptakan? Rencana untuk membuat bom uranium oleh negara-negara Sekutu dimulai sejak tahun 1939 ketika Albert Einstein menulis surat kepada Presiden AS Franklin D. Roosevelt dan menyampaikan teorii bahwa reaksi rantai nuklir yang tidak terkontrol memiliki potensi besar untuk dijadikan senjata pembunuh massal. Pada 1940, pemerintah AS menyetujui dana sebesar 6.000 dolar untuk membiayai pembuatan bom atom itu. Proyek yang disebut sebagai proyek Manhattan itu akhirnya mencapai hasil lima tahun kemudian dengen dana yang membengkak hingga dua juta dolar. Pertanyaan selanjutnya adalah kepada siapa bom itu akan dijatuhkan? Target adalah Jerman. Namun, karena Jerman telah menyerah dalam Perang Dunia II, pada Agustus 1945 Jepang menjadi korban dari serangan bom atom generasi pertama tersebut.

[sumber: Wikipedia]