in

Pria Penderita Tumor Terbesar di Dunia Akhirnya Dioperasi

(foto: REX)

Yang Jianbin, pria asal Provinsi Shanxi, China, menderita kelainan langka yang membuat ia memiliki tumor paling besar di dunia dengan berat 110 kg.

Sejak lahir, Jianbin sudah memiliki tanda pada bagian punggungnya yang semakin lama semakin tumbuh dan membesar. Saking besar tumor yang dideritanya, ia hanya bisa terbaring seharian tanpa bisa kemana-mana.

Dia sebelumnya pernah menjalani operasi ketika berusia 12 tahun saat tumor yang dideritanya seukuran kepalan tangan. Namun operasi itu tidak secara keseluruhan menyembuhkan penyakit yang diderita Jianbin.

Kondisi medis yang diderita Jianbin disebut Neurofibromatosis yaitu kelainan genetik yang mempengaruhi pertumbuhan normal jaringan sel.

Kini pria berusia 37 tahun sudah menjalankan operasi pengangkatan tumor besar yang menempel di tubuhnya. “Kami telah melihat Neurofibromatosis sebelumnya, tapi ini adalah tumor saraf terbesar yang pernah kami lihat,” kata kepala ahli bedah, Chen Minliang dilansir Metro, Rabu (9/7/2014).

Selama operasi berlangsung, tim medis membutuhkan dua tempat tidur untuk menampung tubuh Jianbin beserta tumor besarnya serta menghabiskan waktu 16 jam untuk mengangkat tumor tersebut.