in

Pertama di Dunia, Bayi Lahir dari Rahim Cangkokan

Bayi lahir dari rahim cangkokan (foto: Daily Mail)

Ada kabar gembira buat pasangan yang tidak bisa memiliki keturunan secara alami. Pasalnya seorang bayi laki-laki asal Gothenberg, Swedia terlahir dari ibu dengan rahim cangkokan.

Ini merupakan yang pertama kalinya di dunia, di mana seorang bayi terlahir secara alami dari hasil transplantasi rahim. Bayi tersebut lahir dari rahim seorang ibu berusia 36 tahun lewat operasi caesar satu bulan yang lalu

Richard Smith MD FRCOG, dari Tim Transplantasi Rahim Inggris mengatakan bahwa operasi transplantasi rahim bisa menjadi kunci bagi kaum wanita yang memiliki masalah dalam hal kesuburan yang menyebabkan tidak bisa memiliki keturunan, demikian seperti dilansir The Daily Mail, Minggu (5/10).

Yang lebih menggembirakannya lagi bayi yang lahir dari hasil rahim cangkokan itu terlahir dengan kondisi yang sehat seperti bayi pada umumnya. Ibunya yang tidak memiliki rahim sejak lahir mendapatkan rahim dari seorang wanita berusia 61 tahun.

“Bayi itu menjerit segera dan tidak memerlukan perawatan selain klinis normal,” ujar Profesor Mats Brannstrom, yang merupakan pemimpin proyek dari Universitas Gothenberg.

“Itu begitu menyentuh hati. Rasanya seperti anak sendiri,” kata Liza Johannesson, seorang ahli bedah di Universitas Gothenberg yang hadir pada saat bayi itu lahir.

Bayi yang terlahir dengan bobot 4 lb (1,8 kg) itu kini bisa menyusui dan tumbuh dengan baik. Meskipun bayi itu tampak kecil, tapi ia dikatakan bayi yang normal tanpa ada masalah kesehatan.

Sementara itu enam perempuan lainnya yang mengambil bagian dari proyek transplantasi rahim dinyatakan hamil. Dan kemungkinan besar peluang mereka untuk melahirkan seorang anak yang sehat sangat besar.

Loading...
Loading...