in

Pada Tahun 2880, Kehidupan di Bumi Akan Lenyap Karena Asteroid?

Ilustrasi asteroid (foto: Getty Images)

Para ilmuan tidak ada hentinya memprediksi kapan kehidupan di bumi ini akan berakhir. Kali ini mereka memprediksi asteroid besar akan menghantam bumi pada tahun 2880 dan akan melenyapkan segala kehidupan di dalam bumi.

Dilansir Mirror, Minggu (17/8/2014), asteroid besar bernama 1950 DA itu menuju ke bumi dengan kecepatan 33.800 mil per jam dan memiliki kekuatan sekitar 44.800 mega ton TNT. Para ilmuan memprediksi asteroid itu akan sampai di bumi pada tanggal 16 Maret 2880.

Mereka juga memprediksi kemungkinan asteroid itu sampai di bumi yaitu satu berbanding 300. Peluang yang cukup besar untuk asteroid singgah di planet ini.

loading...

Seandainya asteroid itu menghantam bumi, maka akan timbul bencana besar seperti tsunami, gempa bumi, dan perubahan iklim global yang akan melenyapkan kehidupan manusia.

Menurut University of Tennessee, “Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa asteroid itu merupakan tumpukan puing-puing longgar yang terbentuk bersamaan oleh gravitasi dan gesekan. Namun, mereka juga menemukan bahwa 1950 DA berputar lebih cepat sehingga bisa menentang kekuatan-kekuatan itu.”

“Kami menemukan bahwa 1950 DA berputar lebih cepat dari batas perpisahan untuk densitasnya,” ujar Ben Rozitis.

Ben juga menjelaskan, kalau hanya gravitasi yang memegang tumpukan puing-puing asteroid itu secara bersamaan, maka asteroid itu akan terbang terpisah.

Asteroid 1950 DA berputar sekali setiap dua jam dan membutuhkan waktu enam menit saat melonjak melalui ruang dengan kecepatan sembilan mil per detik. Para peneliti menggambarkan asteroid itu sebagai ‘penentang gravitasi’.

Para peneliti kini tengah mempelajari dampak apa yang akan ditimbulkan jika seandainya asteroid itu benar-benar menabrak bumi. Namun mereka juga mempelajari bagaimana cara mematahkan asteroid tersebut sehingga tidak menabrak bumi.

loading...
loading...
Loading...
Loading...