in

Mengintip Keindahan Danau Ubari Di Tengah-Tengah Padang Pasir

Danau Ubari (foto: Amusing Planet)

Sangat unik dan tak biasa bilamana di tempat segersang padang pasir terdapat sebuah danau yang indah merona. Danau Ubari atau Ubari Sand Sea adalah salah satu contoh keajaiban alam yang terletak di tengah-tengah padang pasir.

Danau tersebut memiliki wilayah yang sangat luas yang menjulang tinggi bukit pasir di Fezzan, Libya. Di sekeliling danau dengan air yang jernih itu terdapat pepohonan hijau yang tumbuh subur.

Mengutip Amusing Planet, 200.000 tahun yang lalu, wilayah gersang itu merupakan wilayah yang basah dan subur dengan banyak sungai dan curah hujan. Sungai-sungai tersebut kemudian membentuk sebuah danau yang sangat luas, seukuran dengan Republik Ceko, di daerah cekungan Fezzan. Sehingga danau tersebut disebut Danau Megafezzan.

loading...

Namun, perubahan iklim menyebabkan wilayah tersebut mengering secara bertahap. Antara rentan 3.000 sampai 5.000 tahun, air danau tersebut menguap dan semakin lama semakin berkurang. Jejak danau super luas itu masih ada hingga sekarang yang tersebar di antara bukit-bukit pasir.

loading...
loading...
Loading...
Loading...