in

Mana yang Harus Didahulukan, Shalat Maghrib atau Buka Puasa?

Ilustrasi orang yang sedang berbuka (foto: BBC)

Mungkin Anda kebingungan antara waktu shalat Maghrib yang bersamaan dengan berbuka puasa dan mana yang harus dilaksanakan terlebih dahulu.

Misalkan Anda shalat dulu sebelum berbuka, maka besar kemungkinan shalat yang Anda kerjakan tidak akan khusyu karena rasa lapar dan haus. Tapi kalau Anda berbuka terlebih dahulu sampai perut Anda kekenyangan, shalat Anda juga tidak akan khusyu.

Lalu mana yang harus didahulukan? Menyegarkan dan berbuka puasa sebelum shalat Maghrib adalah Sunnah Rasulullah SAW yang diamalkan oleh para salaf maupun kholaf. Dengan hanya minum air saja maka Anda sudah mendapatkan pahala sunnah itu.

loading...

Hendaknya seseorang berbuka dengan kurma, minum air kemudian shalat Maghrib. (‘Abdullah bin ‘Alwi al-Haddad, Nafaisul ‘Uluwiyyah fil Masailis Shufiyyah, cet. I, Darul Hawi, 1993/1414H, hal 206-207)

Oleh karena itu kita dianjurkan untuk berbuka terlebih dahulu dengan minum segelas air putih dan kurma atau makan kecil lainnya. Setelah itu Anda bisa melanjutkannya dengan shalat Maghrib. Setelah shalat selesai dikerjakan maka Anda bisa melanjutkannya dengan makan nasi.

loading...
loading...
Loading...
Loading...