Health

Lakukan 5 Hal Ini Agar Tidak Sering Menyentuh Wajah

Biar Glow Up, Hindari 7 Kesalahan Penggunaan Skincare Ini

Tangan merupakan bagian dari tubuh kita yang mudah terkontaminasi bakteri bahkan virus. Hal tersebut dikarenakan seringnya tangan menyentuh benda-benda yang belum tentu terjamin kebersihannya.

Di tengah pandemi virus seperti saat ini ditekankan untuk mencegah terinfeksi virus corona penyebab COVID-19 dengan tidak menyentuh wajah terutama hidung, mulut, dan mata dengan tangan yang tidak higienis.

Sering menyentuh wajah dengan tangan mempermudah jalan masuk virus COVID-19 ke dalam tubuh. Maka dari itu, kita sangat dianjurkan untuk tidak sembarangan menyentuh wajah sebagai cara mencegah penularan infeksi virus corona.

Berikut beberapa tips untuk mengurangi bahkan berhenti menyentuh wajah setiap saat.

Baca Juga : Jangan Sepelekan 4 Perubahan Tubuh Ini! Jika Tidak Ingin Kesehatanmu Terganggu

1. Ketahuilah Penyebab Mengapa Sering Menyentuh Wajah

Menurut penelitian, perilaku sering menyentuh wajah ternyata sudah menjadi kebiasaan sejak kita masih ada di dalam kandungan. Selain itu kebiasaan menyentuh wajah bisa disebabkan karena adanya reaksi dari emosi yang dialami, salah satunya stres atau sedang cemas, yang mungkin dilakukan secara tidak sadar.

Dengan kamu mengetahui penyebabnya kamu bisa mencari solusinya. Contohnya kamu memiliki kebiasaan jika sedang khawatir menggigit kuku karena mendengar berita seputar COVID-19.

Jika memang seperti itu kamu bisa mengurangi frekuensi membaca atau menonton berita yang berhubungan dengan COVID-19 untuk menghindari kekhawatiranmu.

2. Membuat Tanganmu Selalu Sibuk

Cobalah untuk membuat tangan Anda menjadi sibuk dengan mengerjakan sesuatu yang positif. Misalnya dengan melipat baju, mengetik, atau membaca buku. Akan tetapi, jangan lupa bersihkan dahulu benda-benda tersebut dengan cairan disinfektan ya. Sebisa mungkin jauhkan tanganmu dari wajah dengan menyibukkannya.

3. Mengalihkan Perhatianmu

Salah satu ara untuk mengalihkan perhatianmu untuk menyentuh wajah adalah dengan memainkan suatu mainan yang bisa menghalangi tanganmu untuk menyentuh wajahmu. Salah satu contohnya adalah dengan memainkan fidget spinner. Hal tersebut bisa menjadi semacam distraksi yang bisa menghentikan kebiasaan menyentuh wajah.

4. Duduki Tanganmu

Jika kamu merasa tak tahan untuk menyentuh wajah, duduki saja tanganmu. Letakkan tanganmu di bawah pantatmu.

Begitu pula saat kamu menyadari saat sedang menyentuh hidung atau mengucek mata, segera duduki tanganmu begitu menyadarinya. Dengan secara sadar mencegah kebiasaan itu, maka perlahan-lahan kamu akan menghentikan kebiasaan tersebut.

Baca Juga : 7 Manfaat Minum Air Mentimun Untuk Kesehatan

5. Melumuri Tangan dengan Bebauan yang Menyengat.

Kamu bisa melumuri tanganmu dengan bebauan menyengat seperti balsam, minyak kayu putih, atau body butter dengan wangi kesukaanmu. Hal ini dimaksudkan saat kamu ingin menyentuh wajah atau mengucek mata, bau dari tanganmu akan mengingatkanmu untuk menjauhkan tanganmu dari wajah.

To Top