in

Korea Utara Siap ‘Hajar’ Amerika Serikat Dengan Nuklir Kapan Saja

Rudal Korea Utara (foto: AFP)

Korea Utara siap serang balik Amerika Serikat dengan nuklir jiga seandainya negeri Paman Sam itu menyerang Korut terlebih dahulu.

Melansir News.com.au, Minggu (22/3), Duta Besa Korea Utara untuk Inggris, Hyun Hak Bong mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Sky News bahwa pemerintahannya akan menggunakan rudal dalam menanggapi serangi nuklir oleh Amerika Serikat.

Dia juga mengatakan bahwa negaranya telah mengembangkan rudal nuklir dan siap untuk menggunakannya kapanpun.

Ketika ditanya apakah Korea Utara memiliki kemampuan untuk meluncurkan rudal nuklir sekarang, Hyun menjawab,” Kapan saja. Kapan saja. Ya.”

“Jika Amerika Serikat menyerang kita harus menyerang balik,” tambahnya.

Dan saat ditanya apakah Korut hanya akan meluncurkan rudal nuklir sebagai upaya balas dendam, Hyun menjawab, “Kami ada orang-orang yang cinta damai yang Anda tahu. Kami tidak ingin perang, tetapi kami tidak takut perang. Ini adalah kebijakan pemerintahan kami.”

Perkataan Hyun itu muncul setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat melakukan latihan militer bersama pada saat musim semi setiap tahun. Hal itu dianggap sebagai upaya untuk menggulingkan pemerintahan Korut.

Negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un itu diperkirakan memiliki beberapa bom nuklir mentah dan telah melakukan tiga kali percobaan nuklir sejak tahun 2006.

Sebuah lembaga yang berbasis di Washington Intitute for Science and International Security baru-baru ini memperkirakan bahwa Korut saat ini memiliki 10 sampai 16 senjata nuklir, beberapa  beradasarkan plutonium, dan yang lainnya dari uranium.

Itu membuktikan bahwa Korut memiliki senjata berbasis plutonium untuk diluncurkan pada jarak menengah dan antar rudal.

Sebelumnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menjatuhkan sanksi kepada Korut atas pengembangan nuklir yang berlebihan .