Wow

Inilah 6 Fakta Lukisan Mona Lisa yang Jarang Diketahui

Inilah 6 Fakta Lukisan Mona Lisa yang Jarang Diketahui

Lukisan Mona Lisa adalah lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci. Lukisan terkenal ini dipajang di museum Louvre sejak tahun 1797. Lukisan Mona Lisa dibuat pada tahun 1503 dan sampai kini menjadi lukisan yang menakjubkan sepanjang sejarah.

Salah satu lukisan Leonardo da Vinci ini ternyata memiliki fakta mengenjutkan yang jarang diketahui publik. Kamu sudah tahu?

1.Nama asli Mona Lisa

Ternyata wanita yang ada dalam Lukisan Mona Lisa bukanlah bernama Mona Lisa. Nama asli wanita tersebut adalah Lisa del Giocondo. Wanita tersebut adalah istri seorang bangsawan bernama Franscesco del Giocondo. Dalam bahasa Italia, Mona berarti gadisku. Sehingga arti dari Mona Lisa adalah “Gadisku, Lisa”.

2. Makna ekspresi Mona Lisa

Jika dilihat sekilas, ekspresi Mona Lisa mungkin nampak biasa saja. Ia terlihat tersenyum anggun dalam lukisan. Namun menurut para ahli ternyata senyuman Mona Lisa memiliki arti tersendiri. Dalam senyumnya tersebut terlihat 2% rasa marah, 6% rasa takut, 9% kekejian, dan 83% kebahagiaan.

3. Senyumnya bisa berubah-ubah

Percaya atau tidak, kamu akan melihat senyum Mona Lisa berubah-ubah. Hal ini tidak berhubungan dengan hal mistis dan lain sebagainya. Hal ini akan kamu rasakan jika kamu melihat lukisan Mona Lisa dari berbagai sudut. Kamu akan melihat senyumnya berubah akibat ilusi optik dari berbagai sudut.

4. Napoleon pernah jatuh cinta pada lukisan Mona Lisa

Ternyata sebelum dipajang di museum, lukisan terkenal satu ini pernah disimpan oleh Napoleon. Napoleon bahkan menggantungnya di dinding kamar agar bisa ia pandang setiap malam sebelum tidur.

5. Mona Lisa kemungkinan telah kehilangan giginya

Pada tahun 1997 sampai tahun 2001, sebuah penelitian dilakukan oleh ahli forensik asal Inggris, Dr. Montague Merlic. Dari hasil penelitiannya, ia mengungkapkan bahwa kemungkingan Mona Lisa telah kehilangan giginya dalam lukisan tersebut karena Mona Lisa tampak tidak bisa menutup mulutnya dengan pas.

6. Pria tewas karena lukisan Mona Lisa

Seorang seniman bernama Luc Maspero tewas bunuh diri pada tahun 1852. Ia lompat dari lantai enam, dan hal yang mengejutkan terdapat pada surat wasiatnya dimana ia menyebutkan bahwa ia telah bergulat selama bertahun-tahun dengan senyuman Mona Lisa dalam lukisan tersebut. Hal tersebut terjadi lagi di tahun 1910 saat seorang pria memutuskan untuk menembak dirinya sendiri karena tak kuat melihat senyuman dalam lukisan Mona Lisa.

 

To Top