Wow

Inilah 5 Miliarder Pemilik Bank Swasta di Indonesia

Inilah 5 Miliarder Pemilik Bank Swasta di Indonesia

Ada semacam pemeo di kalangan miliarder papan atas. Belum lengkap rasanya masuk deretan orang terkaya jika belum memiliki bank.

Bisnis besar tanpa bank bisa dianggap kurang afdal bagi beberapa orang terkaya. Ini sangat masuk akal mengingat fungsi bank sangat berperan vital dalam perputaran uang yang dihasilkan dari konglomerasi bisnisnya.

Berikut ini lima miliarder pemilik bank swasta di Indonesia:

Baca Juga : Inilah Perbedaan Orang Kaya Beneran dan yang Cuma Terlihat Kaya

1. Chairul Tanjung (Bank Mega)

Inilah 5 Miliarder Pemilik Bank Swasta di Indonesia

Chairul Tanjung atau yang lebih dikenal dengan CT merupakan pemilik dari CT Corp. Perusahaan ini bergerak di berbagai sektor antara lain media, ritel, asuransi, properti, kafe, perkebunan kelapa sawit, jasa keamanan, perhotelan, hingga maskapai penerbangan.

Selain pengusaha, CT juga merupakan mantan birokrat. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan posisi Hatta Rajasa di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam bisnis perbankan, CT memiliki Bank Mega. Bank tersebut menjadi sumber dana sekaligus penampung dana dari perputaran uang bisnis CT Corp. Itu sebabnya, banyak perusahaan di bawah CT Corp saling memiliki keterkaitan dengan Bank Mega.

2. Hartono bersaudara (Bank BCA)

Inilah 5 Miliarder Pemilik Bank Swasta di Indonesia

Hartono bersaudara adalah pemegang saham mayoritas di Bank BCA. Di bank swasta terbesar Indonesia itu, kepemilikannya diwakili oleh PT Dwimuria Investama Andalan dengan porsi saham sebesar 54,94 persen di BCA.

Saham PT Dwimuria Investama Andalan masing-masing dimiliki Robert Hartono sebesar 51 persen dan Bambang Hartono sebesar 49 persen.

Hartono bersaudara juga dikenal sebagai orang terkaya di Indonesia di urutan pertama selama bertahun-tahun. Mereka adalah pemilik dari perusahaan rokok Djarum yang berbasis di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

3. Dato Sri Tahir ( Bank Mayapada)

Inilah 5 Miliarder Pemilik Bank Swasta di Indonesia

Sesuai dengan namanya, Bank Mayapada dimiliki oleh Grup Mayapada yang dikendalikan oleh Dato Sri Tahir yang juga masuk deretan orang terkaya di Indonesia.

Dalam struktur pengendali saham bank dengan nama PT Bank Mayapada Internasional Tbk itu, Dato Sri Tahir berbagi kepemilikan dengan perusahaan asal Taiwan, Cathay Insurance. Menantu dari Mochtar Riady itu juga menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mayapada.

4. Hary Tanoe (Bank MNC)

Inilah 5 Miliarder Pemilik Bank Swasta di Indonesia

Bank MNC sangat lekat dengan bisnis Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe. Ia merupakan pengusaha papan atas sekaligus politikus Tanah Air yang mendirikan Partai Perindo.

Dikenal sebagai raja media, ia merintis Bank MNC sejak tahun 2014. Lewat perusahaannya, PT MNC Kapital, Hary Tanoe mulanya memiliki saham PT Bank ICB Bumiputra.

Setelah menjadi pengendali saham, Hary Tanoe lantas mengubah nama bank tersebut menjadi Bank MNC. Meski baru, Bank MNC sudah memiliki banyak cabang dan jaringan ATM di berbagai daerah di Indonesia. Pesatnya pertumbuhan bank tersebut tak lain karena bisnisnya saling terkait dengan konglomerasi Grup MNC.

5. Ali Mukmin (Bank Panin)

Inilah 5 Miliarder Pemilik Bank Swasta di Indonesia

Bank Panin merupakan bank swasta yang dimiliki Mukmin Ali Gunawan. Ia berbagi kepemilikan dengan ANZ Group yang berasal dari Australia.

Dalam struktur pemegang saham, Mukmin Ali menjadi salah satu pengendali saham di Bank Panin lewat PT Panin Investment. Perusahaan ini berafiliasi dengan PT Panin Financial Tbk yang memiliki 46,04 persen saham dari Bank Panin

To Top