in

Ini Tips Untuk Mengatasi Dehidrasi Selama Puasa

Ilustrasi (foto: wisegeekhealth.com)

Sebagian besar tubuh manusia memang terdiri dari cairan, maka jangan heran jika ketika kita menjalankan ibadah puasa tubuh kita mengalami dehidrasi. Itu semua terjadi karena asupan cairan yang berkurang drastis ketika puasa. Karena itu sangatlah penting dalam menjaga asupan cairan yang tubuh kita butuhkan agar tidak mengalami dehidrasi.

Tetapi jangan khawatir meskipun kita menjalankan ibadah puasa yang secara otomatis mengakibatkan asupan cairan ke dalam tubuh berkurang, ada beberapa tips mengatasi dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

Pertama: Hindari kafein dan minuman bersoda. Minuman yang mengandung kafein berdampak menghilangkan manfaat air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban. Minuman bersoda juga akan membuat perut terasa penuh. Jadi sebisa mungkin hindari dua jenis minuman ini ketika puasa. Jika Anda ingin menikmati minuman hangat pilihlah yang lebih sehat seperti teh hijau.

loading...

Kedua: Berilah rasa pada air mineral. Kebanyakan orang tidak menyukai air mineral dikarenakan rasanya yang hambar sehingga tidak banyak disukai terutama pada anak-anak. Tapi jangan khawatir hal ini dapat diatasi dengan menambahkan rasa pada air menaral tetapi dengan bahan-bahan yang alami seperti perasan lemon atau jeruk nipis. Namun hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya.

Ketiga: Minumlah susu. Minum susu sangat cocok buat anak-anak yang baru belajar puasa. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mc Master, menyebutkan bahwa air susu baik untuk mengatasi dehidrasi pada anak-anak dibanding dengan air mineral atau minuman suplemen. Air susu memiliki kandungan protein, karbohidrat, kalsium dan elektrolit yang bermanfaat bagi tubuh.

Keempat: Makan buah yang mengandung banyak air. Ada cara yang lezat dan tidak membosankan untuk mengatasi dehidrasi, yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti melon, semangka, jeruk nipis, lemon, dan sebagainya. Tentu saja buah-buahan tersebut lebih menarik dibanding dengan ketiga minuman diatas.

Sumber: Vemale.com

loading...
Loading...
Loading...