in

Ini Lima Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Ketika kuota habis, smartphone Anda seolah lumpuh total tidak bisa melakukan berbagai sarana komunikasi seperti streaming musik, nonton video YouTube, mendownload, dan bahkan browsing beserta chat di sosial media pun tidak akan bisa.

Meskipun beberapa penyedia layanan internet menyediakan paket unlimited untuk mengatasi masalah kuota, namun tetap ketika kuota habis kecepatan internet akan sangat lambat. Oleh karena itu sebagai pengguna smartphone kenali penyebab kuota cepat habis.

Berikut ulasan penyebab kuota cepat habis, seperti dilansir Kompas Tekno dari Cnet, Minggu (11/1/2015).

loading...

5. Streaming video

Banyak penyedia layanan yang memungkinkan pengguna untuk menonton video secara online, sebut saja yang paling populer YouTube atau iTunes, dan Vimeo.

Namun ada hal yang harus Anda perhatikan ketika streaming video. Yaitu saat menonton video, konsumsi data yang diperlukan bisa mencapai 50 MB per menit. Oleh sebab itu, streaming video bisa menyerap kuota internet dengan cepat.

4. Streaming musik

Dengan adanya layanan streaming musik, Anda bisa dengan mudah mendengarkan lagu favorit Anda di mana saja dan kapan saja asal ada koneksi internet. Selain itu Anda tidak perlu menyediakan ruang untuk menyimpan file musik sehingga bisa menghemat memori ponsel Anda.

Namun ada sisi lainnya, di mana penggunaan streaming musik dapat mengonsumsi data yang lumayan besar. Bila Anda memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, total kuota yang dihabiskan adalah 2,4 MB per menit. Dengan kata lain, dalam satu jam Anda sudah menghabiskan kuota sebesar 115 MB.

3. Online game

Beberapa game online memang tidak terlalu menyerap banyak kuota, tapi ada beberapa game online yang memakan data sangat banyak, misal Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout. Dua game tersebut diperkirakan membutuhkan 1 MB per menit. Dan jika memainkan game online dalam waktu yang lama, tak memungkinkan kuota internet Anda akan habis dengan cepat.

2. Obrolan video

Mengobrol video lewat Skype atau FaceTime tergolong dalam aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth. Namun, besaran konsumsi data berbeda-beda tergantung pada aplikasi beserta resolusi video yang digunakan. Oborolan video umumnya mengonsumsi data hingga 3 MB per menit.

1. Mengunggah video ke YouTube

Mengunggah video ke YouTube bisa memakan banyak kuota internet. Rekaman video beresolusi High-Definition (HD) bisa menghabiskan data hingga 200 MB per menit. Jadi, jika Anda sering mengunggah video ke YouTube tak memungkinkan jatah kuota internet Anda akan habis dalam sekejap.

loading...
loading...
Loading...
Loading...