in

Indonesia Juara Dua Sebagai Negara Paling Banyak Membuang Sampah di Laut

Ilustrasi

Bukan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia jika menempati urutan kedua sebagai negara yang suka membuang sampah di laut. Justru hal itu membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masih tidak peduli dengan sampah.

Melansir laman WowKeren.com, Jumat (13/2/2015), Indonesia tepat berada di posisi kedua setelah Tiongkok dengan volume sampah yang mencapai 3,5 juta ton sampah per tahun.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian bidang lingkungan internasional dari Universitas Georgia, Amerika Serikat. Penelitian tersebut dilakukan dari tim Amerika dan Australia dengan cara menghitung berapa jumlah sampah di seluruh dunia yang dilakukan di 192 negara.

loading...

Salah satu peneliti dari Universitas Georgia, Jenna Jambeck, mengatakan bahwa separuh sampah-sampah yang dibuang ke laut berasal dari lima negara, yakni Tiongkok, Indonesia, Filipina, Vietnam dan Sri Lanka.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Indonesia menyumbangkan 3,22 juta ton sampah plastik ke laut atau sekitar sepuluh persen dari total sampah di seluruh dunia.

Kapan masyarakat Indonesia akan sadar untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan?

loading...
Loading...
Loading...