in

Heboh, Ilusi Optik Di Jalan Tol Sebabkan Pengemudi Tidak Tahu Ada Belokan

Ilusi di jalan tol (foto: Mirror)

Sebuah ‘ilusi optik’ yang terdapat di salah satu jalan tol di Atlanta, Georgia, dipercaya sebagai penyebab puluhan kecelakaan kendaraan. Pasalnya, ilusi optik tersebut membuat pengemudi tidak tahu ada belokan di depannya.

Belokan di Interstate 285 di luar Atlanta, Georgia itu sudah menyebabkan beberapa kecelakaan dalam 18 bulan terakhir. Menurut sebuah penyelidikan, pengemudi diduga tidak tahu ada belokan dan hanya melihat belokan itu seolah-olah lurus.

Penyelidikan yang dilakukan oleh program berita lokal meminta departemen transportasi untuk mencari penyebab kecelakaan di jalur tersebut. Meskipun tim penyelidik tidak menemukan sesuatu, namun mereka menemukan ada sebuah ilusi optik yang membuat pengemudi seolah-olah melihat belokan tersebut adalah jalan yang lurus.

loading...

“Ada sedikit ilusi optik ketika Anda mengambil lurus ke dalam jalan melandai, di mana jika Anda tidak melihat tikungan datang, dan Anda melihat lurus ke depan tampak seolah-olah jalan terus (lurus),” kata seorang juru bicara untuk departemen transportasi Georgia, seperti dilansir Mirror, Selasa (5/4/2015).

Karena menganggap jalan itu masih lurus, alhasil pengemudi tidak tahu ada tikungan 180 derajat di depannya. Itulah yang dipercaya petugas sebagai penyebab kecelakaan.

Seorang reporter lalu lintas Mark Arum, mengatakan bahwa ada sesuatu yang salah dengan jalan tersebut. “Aku bukan seorang insinyur, namun akal sehat mengatakan ada sesuatu yang salah di sana,” ujarnya.

loading...
loading...
Loading...
Loading...