in

Heboh, Ditemukan ‘Pintu Gerbang Neraka’ di Gunung China

Pintu gerbang neraka? (foto: Mirror.co.uk)

Sebuah lubang berapi misterius tiba-tiba muncul di lereng gunung di China. Penduduk setempat percaya bahwa lubang itu adalah ‘pintu gerbang neraka’.

Lubang tersebut sangat panas dengan suhu bagian dalamnya yang mencapai  792 derajat Celcius. Bahkan, ranting pohon langsung terbakar ketika diletakan di atas lubang tersebut.

Mengutip Mirror.co.uk, Jumat (10/4), lubang misterius penuh lava pijar itu ditemukan oleh seorang pekerja kontruksi setelah lubang kecil di atas permukaan bukit mengeluarkan asap pekan lalu.

loading...

Ahli geologi berbondong-bondong untuk mempelajari tentang lubang tersebut yang terletak di pinggiran Urumqi, Daerah Otonomi Xinjiang Uyghur, di barat laut China. Sejak lubang itu ditemukan, kawasan tersebut ditutup dan hanya ilmuwan yang diperbolehkan ke sana untuk memeplajarinya.

“Udara meledak keluar dari lubang dengan begitu panasnya, jika Anda memegang ranting dekat lubang itu, ranting itu akan terbakar,” ujar ahli geologi Hu Tan, yang memimpin penyelidikan lubang dengan lebar 80 cm itu.

“Meksipun itu tak biasa, kami cukup yakin bahwa itu disebabkan oleh pembakaran batu bara secara spontan,” tambah Tan.

Ahli pertambangan Cao Jianwen mengatakan daerah itu sempat digunakan sebagai lokasi tambang batu bara di tahun 1970 dan sudah ada contoh dokumentasi penemuan serupa sebelumnya.

“Kami telah mencatat suhu sekitar 792 derajat Celcius, yang cukup panas dan saya bisa mengerti bahwa penduduk setempat bertakhyul,” kata Cao.

Pihak berwenang berencana menutup kawasan tersebut karena khawatir asap beracun dapat mengancam keselamatan jiwa orang yang berkerja di sana.

loading...
loading...
Loading...
Loading...