in

Hati-Hati, 5 Makanan Mahal Ini Bisa Membunuh Anda

Ada pepatah mengatakan semakin langka makanan, semakin mahal pula harga makanan tersebut. Pepatah tersebut sangat cocok untuk beberapa makanan yang sulit untuk didapatkan. Beberapa orang memanfaatkan kelangkaan makanan tersebut dengan cara dijual kembali dengan harga yang sangat mahal.

Semakin mahal harga suatu makanan, maka para konsumen akan menganggap makanan tersebut berkualitas bagus baik dalam hal rasa atau kesehatan dari makanan itu. Jadi dapat disimpulkan bahwa makanan dengan harga yang mahal bisa menjamin kesehatan dari makanan tersebut. Namun, apakah semua itu benar?

Ada beberapa makanan yang sangat mahal tapi ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut 5 makanan mahal yang mungkin bisa membunuh Anda yang dikutip dari TheRichest.

loading...

5. Tuna Sirip Biru – Harga: $40 – $75 (Rp 480.000 – Rp 900.000) per porsi

(Copyright: therichest.com)

Tuna sirip biru merupakan ikan besar yang sangat berharga karena sering digunakan sebagai bahan dasar membuat sushi dan sashimi Jepang. Dalam hal rasa tuna sirip biru memiliki rasa yang halus dan lembut, sehingga tidak heran ikan ini banyak diburu sebagai bahan makanan.

Pada bulan Januari 2013, tuna sirip biru raksasa tertangkap di lepas pantai Jepang dan dijual dengan harga $1,76 juta atau setara dengan Rp 21,4 miliar. Dengan harga semahal itu, menjadikannya sebagai makanan termahal di dunia yang pernah dibeli sepanjang sejarah. Sementara itu, penjualan hidangan tuna sirip biru bisa mencapai harga $40 sampai $75 untuk per porsi. 3-4 ons ikan.

Meskipun hidangan ikan tuna sirip biru sangat digemari di Jepang, ternyata hidangan ini berpotensi berbahaya untuk kesehatan. Sebuah studi baru-baru ini dari Standford University menemukan bahwa setiap seekor tuna sirip biru mengandung radiasi dalam jumlah yang besar. Hal itu disebabkan karena krisis PLTN Fukushima yang terjadi pada bulan Maret 2011 lalu.

Radiasi dalam tuna sirip biru jika dikonsumsi dapat menyebabkan mual, muntah, diare, dan pendarahan, serta sel-sel dalam tubuh akan mati. Dengan demikian radiasi yang ditemukan dalam ikan cukup untuk membunuh siapa pun yang mengkonsumsinya.

4. Chocopologie – Harga: $2,600 (Rp 31 juta) per pon

(Copyright: therichest.com)

Cokelat dianggap sebagai salah satu makanan yang paling digemari di seluruh dunia. Cokelat yang tak diberi gula mengandung padatan kakao. Beberapa cokelat paling dicari berasal dari kakao Valrhona, yang dianggap sebagai barang mewah asal Prancis. Kakao tersebut diproduksi disebuah desa terpencil di Perancis dan sangat dicari oleh para pecinta cokelat.

Chocopologie itu sendiri merupakan coklat konpeksi yang terdiri dari 70% kakao Valhrona yang dijual dengan harga $2,600 per pon. Cokelat yang diproduksi oleh Fritz Knipschildt dianggap sebagai cokelat paling mahal di dunia. Namun, penelitian menunjukan bahwa kakao mentah dapat berbahaya bagi tubuh.

Sebagian besar chocopologie terdiri dari kakao mentah dan memiliki potensi untuk meningkatkan denyut jantung manusia serta beracun untuk hewan. Chocopologie juga dianggap mengandung zat adiktif, jika mengkonsumsi jangka panjang cokelat ini, terutama truffle Chocopologie dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati.

3. Tiram Mentah – Harga: $100 (Rp 1,2 juta) per lusin

(Copyright: therichest.com)

Hidangan tiram mentah dianggap memiliki rasa yang lezat dan mudah untuk dimakan. Di banyak daerah, harga untuk sebuah tiram bisa sangat murah, namun disebuah restoran kelas atas, hidangan tiram bisa dibanderol dengan harga $100 untuk satu lusin.

Tiram mentah juga telah lama dianggap sebagai afrodisiak, membuat mereka menjadi pilihan menu paling populer dan romantis. Namun dibalik kelezatannya, ada beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan mengkonsumsi tiram mentah. Beberapa tiram mengandung bakteri yang dikenal dengan sebutan vibrio vulnificus, bakteri ini sangat berbahaya bagi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Mengkonsumsi tiram mentah berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan dan meningkatkan kadar asam urat.

2. Keju Rusa – Harga: $500 (Rp 6 juta) per pon

(Copyright: therichest.com)

Keju rusa atau keju moose merupakan keju yang sangat mahal yang terbuat dari susu rusa. Keju moose sangat sulit untuk didapatkan, hal itu dikarenakan susu rusa yang digunakan hanya tersedia selama waktu tertentu dalam setahun.

Beberapa konsumen keju moose mengatakan, keju ini memiliki rasa yang halus, lunak dan mudah dimakan. Sehingga tidak heran harga untuk keju moose dipatok dengan harga $500 per pon. Namun, keju moose berpotensi berbahaya untuk kesehatan jika terbuat dari susu rusa mentah. Susu rusa mentah tersebut dapat dengan mudah terkontaminasi dengan e. coli, bakteri yang menyebabkan infeksi mematikan.

1. Elver – Harga: $6000 (Rp 73 juta) per kg di pasar ikan Jepang

(Copyright: therichest.com)

Elver adalah jenis belut yang masih bayi yang berenang sekitar 5.000 mil ke pantai Eropa. Di pasar ikan di Jepang harga elver bisa mencapai $6000 per kilogram. Belut yang masih muda dianggap memiliki rasa yang lezat jika disiapkan dengan baik.

Darah elver memiliki racun yang mematikan jika tidak dimasak secara menyeluruh. Hal itu bisa menyebabkan kematian untuk siapa pun yang mengkonsumsi hidangan mahal ini.

loading...
loading...
Loading...
Loading...