Wow

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inner Child

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Inner Child

Apa itu Inner Child?

Inner child adalah sisi kepribadian seseorang yang terbentuk dari pengalaman masa kecil. Saat kecil, semua orang tentu pernah merasakan berbagai macam pengalaman yang membekas hingga saat ini.

Pengalaman saat kecil inilah yang akan mempengaruhi perilakumu di masa depan. Ketika kamu mengalami sesuatu yang menyakitkan saat masih kecil, hal tersebut bisa membuat inner childmu terluka dan berpengaruh saat kamu tumbuh dewasa.

Baca Juga : Bukan Cantik, Ternyata Hal Sederhana Ini yang Bikin Pria Jatuh Cinta Denganmu

Lalu, bagaimana inner child seseorang bisa terluka?

Inner child terluka akibat pengalaman buruk yang dialami saat masih kecil. Pengalaman ini bisa berupa perudungan, melihat orang tua melakukan kdrt, pelecehan seksual, korban bencana alam, kehilangan seseorang yang sangat dicintai, atau penyalahgunaan obat terlarang.

Pengalaman-pengalaman buruk tersebut akan tersimpan dalam memori dan besar kemungkinan akan teringat kembali meski sudah berlalu bertahun-tahun.

Bagaimana dampak inner child yang terluka saat seseorang sudah dewasa?

Inner child yang terluka ternyata berpengaruh besar saat seseorang mengekspresikan diri mereka ketika dewasa. Beberapa orang mungkin akan melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri misalnya, bersikap kasar, agresif, atau melakukan tindakan yang bisa melukai diri sendiri.

Lalu, apakah inner child bisa disembuhkan?

Tentu saja bisa. Inner child yang terluka berbeda dengan luka di permukaan kulit. Meski bisa disembuhkan, mereka membutuhkan waktu lama untuk disembuhkan. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan inner child yang terluka adalah,

1.Menulis pengalaman-pengalaman masa kecil

Cobalah untuk menulis semua pengalaman masa kecil yang kamu alami. Buruk atau baik, tulislah pengalaman itu dari sisi inner childmu. Mungkin awalnya kamu akan merasa sedih karena akan teringat dengan kejadian buruk masa lalu. Tapi perlahan kamua akan mulai membiasakan diri menerima apa yang sudah terjadi.

2. Berdamai dengan diri sendiri

Inner childmu yang terluka mungkin masih merasakan sedih. Untuk itu, cobalah berdialog dengan inner childmu. Katakan bahwa kamu selalu ada untuknya. Sampaikan permintaan maafmu dan rasa syukurmu karena ia sudah sangat kuat bertahan. Jangan pernah bosan untuk mengatakan bahwa kamu menyayangi dirimu sendiri. Belajarlah untuk memaafkan dirimu sendiri. Ingatlah, jika luka yang kamu alami bukanlah salahmu.

3. Belajar membuka diri pada kesempatan

Kamu mungkin melewatkan banyak hal dan kesempatan karena inner childmu yang terluka. Hal ini bisa membuatmu membatasi aktivitas dan merasa lagu akan banyak hal. Untuk itu, sebagai upaya untuk menyembukan inner child, cobalah untuk membuka diri pada kesempatan yang kamu lewatkan sebelumnya. Kamu akan menyadari bahwa banyak hal dalam hidup yang bisa kamu nikmati tanpa perlu memikirkan masa lalu.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai inner child. Proses menyembuhkan inner child bisa membutuhkan waktu sampai seumur hidup. Untuk itu, cobalah terlebih dulu untuk berdamai dengan keadaan agar kamu bisa menerima diri sendiri dan mengenal diri sendiri dengan baik.

To Top