in

Geger, Ada Hujan Cacing Tanah di Norwegia

Ilustrasi cacing tanah

Ahli meteorologi dan biologi dibuat bingung dengan fenomena hujan cacing tanah yang jatuh di langit Norwegia. Diduga fenomena aneh itu disebabkan oleh tornado.

Menurut kantor berita Norwegia, The Local, fenomena aneh itu pertama kali ditemukan oleh guru biologi Karstein Erstad ketika ia sedang bermain ski di pegunungan.

“Saya melihat ribuan cacing tanah di permukaan salju. Ketika saya menemukan mereka di salju, mereka tampaknya sudah mati, tetapi ketika saya menempatkan mereka di tangan saya, saya menemukan bahwa mereka masih hidup,” kata Erstad.

Awalnya Erstad berpikir bahwa cacing tanah itu merangkak keluar dari bawah permukaan salju. Tetapi menurutnya itu tidak mungkin karena salju di pegunungan itu memiliki ketebalan hingga setengah meter.

Kasus seperti ini bukan pertama kalinya terjadi di Norwegia, beberapa kota lain di bagian selatan negara tersebut, seperti di Kota Molde dan Bergen juga pernah mengalami hujan cacing.

Salah satu teori mungkin bisa menjelaskan penyebab fenomena aneh ini, yang menyebut bahwa cacing mungkin telah diangkat oleh kantong udara dan kemudian dibawa kembali dibawa beberapa mil jauhnya dari tempat mereka berasal.

Teori lain mengatakan semburan udara, sistem cuaca yang mirip dengan tornado, dapat melakukan perjalanan dari laut ke darat sambil membawa beberapa vegetasi, puing-puing dan hewan-hewan kecil. Membawa mereka dari tempat asalnya dan kemudian jatuh sendiri.

Namun, sejauh ini belum ada penjelasan yang pasti tentang penyebab fenomena ini. Kasus serupa juga pernah terjadi di sebuah sekolah menengah di Akademi Skotlandia pada tahun 2011 lalu.

sumber: The Independent

Loading...
Loading...