in

Estonia Berencana Meluncurkan Jaringan Seluler 5G Pada Tahun 2016

(foto: International Business Times)

Estonia akan menjadi negara pertama yang menguji jaringan 5G potensial, generasi kelima dari teknologi jaringan seluler yang belum terdefinisi sebelumnya.

Mengutip International Business Times, Senin (9/2/2015), operator seluler EMT, yang dimiliki grup TeliaSonera Swedia, berencana untuk memiloti teknologi 5G pada tahun 2016 mendatang.

“Teknologi internet seluler terbaru rata-rata keluar setiap sepuluh tahun, dan ini mungkin akan terjadi dengan 5G juga,” ujar direktur EMT teknologi, Tiit Tammiste.

loading...

“5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk berinteraksi satu sama lain. Kami telah melihat kelahiran dari Internet of Things yang berbasis pada 4G, namun pada beberapa titik mereka (4G) tidak akan cukup dan 5G akan diperkenalkan,” tambah Tiit.

Tekonologi 5G menjanjikan sebuah inovasi yang disebut Tactile Internet, sebuah inovasi yang dapat mengirimkan data nyata virtual pada jaringan seluler secara real time.

Rencana EMT secara teoritis untuk jaringan 5G akan memberikan kecepatan mendownload hingga 100Gbps, meskipun sejauh ini kecepatan terakhir yang sedang diuji mencapai 4,4Gbps.

loading...
Loading...
Loading...