in

Cegah Penyakit Jantung Dengan Tiga Langkah Ini

Hidup di dunia yang serba cepat sering membuat kita meninggalkan gaya hidup yang sehat seperti yang disarankan oleh dokter. Sangat sulit untuk menentukan makanan yang seimbang dan sehat. Apalagi sekarang sudah ada makanan cepat saji yang lebih cepat dan murah.

Ilustrasi (images: prevention)

Tapi beberapa makanan dapat menyebabkan arteri tersumbat sehingga meningkatkan risiko terkena obesitas dan serangan jantung. Dengan mengikuti 3 langkah ini, Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh Anda. Berikut 3 langkah mudah mencegah penyakit jantung seperti dilansir The Times Of India.

1. Makan makanan orang Yunani

Penelitian telah menunjukan bahwa konsumsi lemak sehat seperti yang ditemukan dalam diet Mediterania dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung. Orang Yunani memiliki kemungkinan hidup lebih lama dibandingkan orang-orang Eropa dan Amerika Utara, dan kemungkinan bahwa diet tradisional Yunani memiliki banyak hubungan dengan hal ini.

Minyak zaitun, kacang-kacangan, sayuran, seafood, dan anggur adalah beberapa makanan umum yang dikonsumsi di negara-negara Mediterania. Sebuah penelitian terbaru dari University of Athens di Yunani menunjukan bahwa orang yang makan makanan umum dan diet Mediterania memiliki tingkat CRP (C-reactive protein) 20 persen lebih rendah daripada mereka yang tidak mengkonsumsi makanan seperti orang Yunani.

Hal tersebut sangat penting karena CRP ada hubungannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, diabetes dan tekanan darah tinggi. Cukup mengganti mentega dengan minyak zaitun dan memilih seafood dibandingkan dengan daging lainnya, itu sudah berdampak baik untuk kesehatan jantung Anda.

2. Jangan Merokok

Merokok telah menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung dan kanker di Amerika Serikat selama beberapa dekade. Kabar baiknya adalah jumlah perokok di AS telah menurun selama beberapa tahun terakhir dan kabar buruknya adalah merokok menjadi kebiasaan umum di negara-negara Asia seperti Cina dan India.

Sementara banyak orang berpikir bahwa merokok hanya menyebabkan masalah pernafasan dan kanker paru-paru, kenyataannya adalah 20 persen kematian akibat penyakit jantung yang memiliki kolerasi langsung dengan merokok.

Merokok mengurangi oksigen dalam jantung, meningkatkan tekanan darah dan pembekuan, serta merusak sel-sel yang melapisi arteri koroner, yang akhirnya menyebabkan penyakit arteri koroner. Untuk berhenti merokok, Anda harus siap secara mental dan emosional. Ini merupakan hal yang sulit untuk ditinggalkan, tetapi hasilnya Anda akan mendapatkan jantung yang sehat.

3. Berjalan-jalan

Kedengarannya sangat konyol bahwa sesuatu yang begitu sederhana bisa berdampak besar pada kesehatan Anda, tapi itu memang benar. Latihan tidak harus selalu berlari atau angkat beban selama satu jam di gym, cukup berjalan-jalan beberapa kali seminggu, Anda sudah dapat mengurangi kemungkinan terkenan tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi.

Selain itu berjalan kaki membuat Anda merasa baik dan membantu melangsingkan tubuh Anda. Olahraga yang menyebabkan Anda sakit keesokan harinya, hal tersebut sangat tidak benar. Penelitian menunjukan bahwa jalan cepat dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung pada skala yang sama yang tidak joging.