in

Cara Benar Mengajari Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim yang sudah cukup umur. Lalu apakah perlu anak-anak yang masih belum cukup umur berpuasa? Sebenarnya anak-anak tidak diwajibkan untuk berpuasa tapi dianjurkan untuk mulai berlatih berpuasa sejak dini.

Disinilah peranan penting orang tua untuk mulai mengajarkan berpuasa kepada anaknya. Lalu bagaimana cara benar mengajari anak berpuasa? Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan orang tua kepada anaknya tentang berpuasa.

1. Jelaskan tentang hukum puasa di bulan Ramadhan

Pertama yang harus dilakukan orang tua adalah menjelaskan tentang kewajiban menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jelaskan kepada anak bahwa berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib. Tapi itu bukan berarti Anda memaksa si kecil untuk berpuasa. Coba jelaskan kepada anak bahwa ketika sudah dewasa, ia harus menjalankan ibadah puasa.

2. Ajarkan anak berpuasa secara bertahap

Tanya kepada anak, apakah ia sudah ingin berpuasa atau belum. Jika jawabannya “Ya” maka Anda harus biarkan si kecil untuk mulai berpuasa. Tapi ingat jangan ajarkan anak untuk berpuasa penuh. Jelaskan kepada anak kalau sudah mulai lapar atau haus, ia boleh berbuka.

Dengan demikian si anak akan mulai terbiasa dan secara bertahap anak Anda bakalan mampu berpuasa seharian penuh.

3. Hidangkan makanan bergizi dalam menu sahur

Si kecil biasanya sangat semangat kalau waktu makan sahur udah tiba. Sebagai orang tua Anda harus menghidangkan makanan kesukaan si kecil. Tapi ingat makanan yang diberikan harus memiliki nilai gizi yang bagus serta asupan nutrisi yang cukup agar si kecil tidak mudah lapar ataupun sakit saat belajar berpuasa.

4. Ajak Si Kecil main

Kalau si kecil masih belum memutuskan untuk berbuka, coba habiskan waktu luang Anda untuk menghabiskan waktu bersamanya. Anda bisa mengajaknya jalan-jalan ke tempat-tempat yang memiliki udara segar. Atau memainkan sebuah permainan yang menyenangkan.

Itulah beberapa cara mudah mengajari anak untuk mulai berpuasa. Dengan begitu saat sudah dewasa nanti, anak Anda sudah terbiasa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Loading...
Loading...