in

Bicimaquinas, Sepeda Serbaguna Yang Ramah Lingkungan Dari Guatemala

Bicimaquinas (foto: Odditycentral)

Bicimaquinas adalah mesin paling ramah lingkungan, hemat, murah, dan serbaguna yang terbuat dari bagian-bagian sepeda. Masyarakat di sebuah pedesaan di Guatemala menggunakan sepeda ini untuk membuat berbagai macam makanan hingga sabun.

Alat ini merupakan ide kreatif dari ‘Maya Pedal’, julukan untuk pembuat bicimaquinas, dari pedesaan di kota San Adres Itzapa. Bicimaquinas pertama kali dibuat pada tahun 1997 sebagai hasil dari kolaborasi antara organisasi Kanada, ‘Pedal’ dengan seorang mekanik lokal bernama Carlos Marroquin.

Mereka menggunakan suku cadang sepeda untuk membuat alat ini. Tenaga yang digunakan pun sangat ramah lingkungan yakni dengan menggunakan tenaga manusia.

Dilansir Odditycentral, Selasa (20/4), setiap bicimaquinas adalah asli buatan tangan Maya Pedal, dengan mengandalkan sepeda tua, beton, kayu dan logam. Alat ini dipatok dengan harga $40 (Rp 512 ribu) dan dibuat dalam beberapa variasi sesuai dengan kebutuhan.

(foto: Odditycentral)

Awalnya penjualan sepeda ini tidak banyak diminati masyarakat. Tetapi setelah tahu bahwa sepeda ini memiliki banyak fungsi, penduduk lokal mulai banyak memesan bicimaquinas sesuai kebutuhan yang diperlukan.

Beberapa penduduk memanfaatkan alat ini sebagai blender, di mana pedal yang diboseh manusia berfungsi sebagai sumber tenaganya. Ada juga yang memanfaatkan alat ini untuk membuat selai kacang dan juga untuk membuat sabun.

Bagian terbaik dari bicimaquinas adalah mereka murah, mudah digunakan, tahan lama, dan ramah lingkungan karena alat ini tidak mengonsumsi daya dan tidak menghasilkan limbah. Selain itu, penduduk yang berminat memiliki alat ini bisa mencicilnya sehingga memberi kesempatan bagi penduduk kurang mampu untuk bisa menikmati alat serbaguna ini

Loading...
Loading...