in

Awak Kapal Temukan Harta Karun Terpendam Senilai Rp 649 Miliar

Ratusan ton koin terpendam senilai ratusan miliar rupiah (foto: Business Insider)

SS City Cargo, sebuah kapal kargo dan penumpang campuran, membawa lebih dari 100 ton koin perak milik Departemen Keungan Inggris yang kemudian diserang oleh torpedo kapal selam Jerman pada November 1942.

Bulan ini, tim penyelamat yang dipimpin Inggris mengumumkan bahwa mereka berhasil menemukan beberapa ton koin perak pada kedalaman 5.150 meter di bawah permukaan laut, demikian menurut Business Insider, Rabu (15/4/2015).

Koin dengan berat yang mencapai ratusan ton itu bernilai sekitar 34 juta poundsterling atau 50 juta dolar AS (Rp 649 miliar), menurut The Telegraph.

loading...

Upaya pengangkatan koin dari dasar laut dipimpin oleh Deep Ocean Search, yang mulai mencari kapal karam itu sejak November 2011 lalu. SS City Cargo sedang melakukan perjalanan dari Bombay ke Inggris ketika kapal itu ditenggelamkan oleh kapal selam U-68, yang menyebabkan 104 penumpang termasuk awak meninggal.

Cuaca dan kedalaman menjadi masalah utama pencarian kapal tersebut. Hingga akhirnya kapal ditemukan terkubur beberapa meter di bawah lumpur dan dalam kondisi terbelah dua, menurut DOS.

loading...
loading...
Loading...
Loading...