in

Apakah Memakai Bra Ketika Tidur Berakibat Buruk Bagi Kesehatan?

Ilustrasi (foto: Getty Images/via Huffingtonpost)

Mungkin Anda pernah mendengar rumor yang menyebutkan bahwa menggunakan bra ketika tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kanker payudara atau dapat membuat payudara jadi kendur. Sebenarnya, menggunakan bra ketika tidur itu tidak terbukti memiliki efek negatif bagi kesehatan.

Seorang profesor bedah dan direktur Bedah Kanker Payudara Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center, Amber Guth, MD, sebelumnya mengatakan kepada HuffPost Style bahwa tidak ada bukti menggunakan bra saat tidur bisa berakibat buruk ataupun juga membantu.

Rumor kanker payudara karena memakai bra saat tidur mulai menyebar pada tahun 1995 dalam sebuah buku berjudul “Dressed to Kill”, yang mengklaim bahwa pakaian ketat termasuk bra dapat meningkatkan risiko kanker payudara oleh konstriksi sistem limfatik, sehingga menyebabkan racun terjebak dalam tubuh, demikian laporan majalah Shape. Meskipun demikian, tidak ada ilmu atau bukti ilmiah lainnya yang mendukung pernyataan tersebut.

Secara umum, memakai bra tampaknya tidak memiliki risiko meningkatkan kemungkinan terkena kanker payudara. Sebuah studi kasus kontrol terbaru yang dipublikasikan dalan jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan tidak ada hubungan antara risiko kanker payudara dengan bra yang dikenakan wanita postmenopause.

Di sisi lain, mengenakan bra saat tidur juga tidak tampak apa manfaatnya bagi kesehatan. Sebaliknya, waktu, gravitasi, kehamilan, dan masa menyusui dipercaya sebagai penyebab perubahan payudara, seperti menjadi kendur.

Jadi, jika Anda memilih untuk memakai bra ketika tidur, lebih baik Anda memilih selimut lembut tanpa underwire. Menurut salah satu situs kesehatan remaja, Nemours, menunjukkan bahwa mengenakan bra terlalu ketat dapat menyebabkan iritasi payudara atau membuat Anda kesulitan untuk tidur.

sumber: Huffingtonpost

Loading...
Loading...