in

8 Peristiwa Astronomi Menakjubkan yang Tertangkap Kamera

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, manusia bisa mengirimkan berbagai macam alat ke luar angkasa sehingga kita bisa melihat berbagai macam peristiwa yang terjadi di sana.

Beberapa peristiwa di luar angkasa tersebut ada yang sudah diprediksi ada pula yang terjadi secara kebetulan. Dilansir Listverse, berikut beberapa peristiwa astronomi menkajubkan yang berhasil tertangkap kamera.

8. Ledakan Supernova Messier 82

loading...
(foto: Listverse)

Messier 82 merupakan nama sebuah galaksi yang berbentuk cerutu yang terletak di Ursa Major. Jaraknya dari bumi yaitu sekitar 11 juta tahun cahaya.

Pada tanggal 21 Januari 2014, supernova muda pertama terlihat dari bumi yang dalam waktu 27 tahun sudah dikenali oleh beberapa mahasiswa di London. Para mahasiswa itu kemudian mengambil foto Messier 82 dan membandingkannya dengan foto sebelumnya. Di mana foto yang baru diambil itu terlihat baru, dan bintangnya terlihat bersinar. Mereka pun menyebutnya supernova 2014J.

7. Tornado Surya di Permukaan Matahari

(foto: Listverse)

Solar Dynamics Observatory (SDO) telah mengirim sebuah video yang indah dan menraik dari matahari kita. Sekitar 30 jam, tepatnya pada tanggal 7-8 February 2012, video itu merekam sesuatu yang tak biasa dan belum pernah terlihat – tornado surya di permukaan matahari.

Tornado itu tak seperti tornado yang ada di bumi, di mana tornado bumi dibentuk dan digerakkan oleh angin sedangkan tornado surya dibentuk dan didorong oleh medan magnet.

6. Komet Kecil

(foto: Listverse)

Komet atau bintang berekor merupakan benda luar angkasa yang mengembara di ruang tata surya kita. Komet yang dikenal dengan sebutan Awan Oort ini pernah mengembara di sekitar matahari di tata surya kita pada bulan Agustus 2013 lalu.

Komet itu dengan amanya mengelilingi matahari. Bahkan diprediksi bahwa komet itu pernah sampai ribuan kali singgah di matahari kita.

5. Gerhana Matahari Mars

(foto: Listverse)

Gerhana matahari di bumi adalah salah satu peristiwa alam yang spektakuler dan sering terjadi setiap tahunnya. Namun, ternyata gerhana matahari juga bisa dilihat dari permukaan planet lain asal planet tersebut memiliki bulan, salah satunya di Mars.

Sepanjang sejarah manusia belum pernah melihat gerhana matahari dari planet lain. Pada bulan Agustus 2013 lalu, untuk pertama kalinya para ilmuan berhasil menyaksikan di mana Phobos (salah satu dari dua bulan/satleit Mars) melintas matahari dan menghalangi sinar yang menuju ke planet Mars.

Gambar fenomena langka ini berhasil tertangkap oleh Mars rover, sebuah wahana penjelajah yang ditempatkan di planet Mars.

4. Asteroid Berguling-Guling Dekat Bumi

(foto: Listverse)

Near Earth Objects (NEO) adalah benda seperti komet dan asteroid yang melintas dekat dengan bumi tapi pada orbit yang teratur. Objek semacam ini selalu diawasi ketat oleh ilmuan karena mereka bisa mengakhiri semua kehidupan di bumi jika terjadi tabrakan.

Pada tahun 2012, asteroid dengan nama 4179 Toutatis datang berguling-guling melewati bumi. Asteroid itu terdiri dari bongkahan besi seluas 5 km. NASA Deep Space Network mengambil gambar radar sementara asteroid tersebut yang diperkirakan jaraknya dari bumi yaitu sekitar 4 juta mil atau sekitar 18 kali dari bumi ke bulan.

Toutatis cukup untuk melenyapkan kehidupan jika bertabrakan dengan bumi. Para astronom memprediksi Toutatis tidak akan menghantam bumi dalam kurun waktu 400 tahun ke depan. Mereka juga memprediksi asteroid itu akan kembali mendekati bumi pada tahun 2069.

3. Gerhana Matahari Dilihat Dari Luar Angkasa

(foto: Listverse)

Pada 29 April 2014 ada gerhana matahari parsial yang dapat dilihat dibeberapa tempat di planet ini termasuk Indonesia dan Tasmania.

Sebuah pesawat ruang angkasa European Space Agency Proba-2 berhasil menangkap gambar dari gerhana tersebut sampai empat kali. Dengan melihat gambar itu, Anda bisa melihat ketika bulan dan matahari melakukan tarian kosmik.

2. Bumi Dilihat Dari Mars Dan Saturnus

(foto: Listverse)

Sekitar satu jam setelah matahari terbenam pada tanggal 31 Januari 2014, Mars rover melihat bumi dan bulan kita. Bila kita melihat Mars dari Bumi maka akan tampak planet itu berwarna merah. Berbeda dengan bumi yang dilihat dari Mars akan terlihat seperti titik pucat berwarna biru.

Dan pada tanggal 19 Juli 2013, pesawat ruang angkasa Cassini, untuk sementara waktu mengorbit planet Saturnus. Saat sedang mengorbit dari sisi lain, pesawat itu mengambil foto bumi dengan kameranya.

1. Lahirnya Bulan Baru

(foto: Listverse)

Pesawat ruang angkasa Cassini yang mengorbit Saturnus ternyata tidak hanya mengambil gambar bumi kala itu. Pesawat itu juga melihat sosok bulan yang baru terbentuk dan hanya muncul di sekitar cincin Saturnus. Bulan baru itu diberi nama “Peggy” yang hanya memiliki diameter 0,8 km.

loading...
loading...
Loading...
Loading...