in

7 Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Basah

7 Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Basah 1
(foto: WikiHow/BrightSide)

Barang elektronik seperti smartphone cenderung mudah rusak jika sudah terkena air. Oleh karena itu harus segera ada penanganan khusus agar smartphone yang terkena air tidak rusak.

Cara yang Anda lakukan untuk mengeringkan kembali ponsel yang basah harus hati-hati. Pasalnya jika cara yang Anda gunakan salah, kemungkinan besar smartphone Anda akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Pada akhirnya Anda harus beli smartphone baru yang tentunya memakan biaya yang lumayan banyak.

Nah, berikut Wow Menariknya menyimak dari Bright Side tentang langkah-langkah mudah cara menyelamatkan smartphone Anda yang terkena air.

1. Segera keluarkan ponsel Anda dari air lalu matikan. Biarkan air mengalir melalui ponsel selama beberapa detik. Jadi jangan nyalakan dulu ponsel sebelum benar-benar kering karena hal itu bisa menyebabkan korsleting.

7 Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Basah 2
(foto: WikiHow/BrightSide)

2. Setelah ponsel dimatikan, buka casing ponsel dan keluarkan baterainya. Ini dilakukan untuk menurunkan risiko kerusakan internal. Pastikan juga Anda mengelap ponsel dengan kain yang lembut.

7 Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Basah 3
(foto: WikiHow/BrightSide)

3. Lepaskan pula kartu SIM.

7 Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Basah 4
(foto: WikiHow/BrightSide)

4. Cabut semua perangkat eksternal, seperti earphone, dan kartu memori.

7 Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Basah 5
(foto: WikiHow/BrightSide)

5. Jika punya vacuum cleaner, Anda bisa menggunakannya untuk mengeluarkan sisa-sisa air dalam smartphone. Beri jarak antara ponsel dan vacuum cleaner untuk menghindari terjadinya kerusakan. Lakukan langkah ini selama 20 menit.

7 Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Basah 1
(foto: WikiHow/BrightSide)

6. Jangan gunakan pengering rambut karena bisa menyebarkan air yang tersisa di dalam ponsel semakin menyebar.

7 Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Basah 7
(foto: WikiHow/BirghtSide)

7. Anda bisa mencoba memasukan smartphone Anda ke dalam kantung plastik yang penuh dengan beras. Hal itu bisa menyerap kelembaban, sehingga ada kemungkinan air yang ada di dalam ponsel terserap oleh beras. Pastikan Anda juga sudah melepas baterainya dan juga menempatkannya di dalam kantung plastik berisi beras.

7 Langkah Menyelamatkan Smartphone Yang Basah 8
(foto: WikiHow/BrightSide)
Loading...
Loading...