in

7 Kota Ini Diprediksi Akan Tenggelam

Meningkatnya permukaan air laut setiap tahunnya membuat beberapa kota di dunia diprediksi akan tenggelam dimasa depan nanti. Pemanasan global diduga penyebab utama naiknya air laut dan pemanasan global itu sendiri tak lain disebabkan oleh ulah manusia.

Jika hal ini terus berlanjut dan manusia malah semakin memperburuk keadaan, beberapa kota ini diprediksi akan tenggelam untuk beberapa puluh tahun mendatang. Seperti dikutip Wow Menariknya dari U.S.News (18/2/2015), berikut 7 kota yang diprediksi akan tenggelam di masa depan nanti.

7. Bangkok, Thailand

Para ahli menyebutkan bahwa ibu kota Thailand akan tenggelam untuk tujuh tahun mendatang. Puluhan candi yang ditemukan di sana akan berada di bawah permukaan air ketika waktunya tiba.

Menurut ilmuwan Thailand, Dr. Ajong Chumsai na Ayudhya, nasib Bangkok dapat dijelaskan oleh pemanasan global. Asia News Network melaporkan bahwa Ajong menyalahkan manusia atas bencana seperti ini karena mereka menggunakan sumber daya alam berlebihan, menebang hutan, dan terus memancarkan gas rumah kaca tanpa memperhatikan masa depan.

Ajong juga mengatakan bahwa perubahan iklim di seluruh dunia akan menyebabkan tsunami yang lebih parah yang tentunya sangat berdampak besar pada kota Bangkok. Dalam waktu kurang dari satu dekade, tidak akan ada turis lagi yang bisa mengunjungi kota ini.

6. New York City, New York

Jika Anda belum pernah melihat Patung Liberty secara langsung, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat. Pasalnya kota yang terletak di muara Sungai Hudson ini juga akan terkena imbasnya dari efek pemanasan global.

Science Daily melaporkan bahwa permukaan air laut di New York City diperkirakan akan meningkat sekitar dua kali lebih cepat dibandingkan dengan air laut di seluruh dunia. Yang berarti kota yang dipenuhi gedung-gedung pencakar langit ini akan tenggelam lebih cepat.

5. Houston, Texas

Houston dianggap sebagai kota di Texas yang sedang berjuang hidup di atas tanah. Sebab kota terbesar keempat di Amerika ini juga terancam tenggelam di masa depan nanti.

Kota ini terletak di tepi longgar yang bermuara di Teluk Meksiko. Selama bertahun-tahun, penduduk Houston mengandalkan air tanah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ekstraksi minyak dan juga gedung-gedung pencakar langit diduga akan menjadi penyebab kota ini tenggelam.

Beberapa bagian dari kota metropolitan ini, seperti Jersey Village yang terletak di barat laut, sudah tenggelam sebanyak dua inci per tahunnya, menurut Science Daily. Sampai sejauh ini, para ahli belum menemukan solusi untuk menghentikan semua ini.

4. Shanghai, China

Terletak di pantai China, kota ini dibangun di atas rawa di sekitar muara Sungai Yangze. Pada pertengahan abad ke-19, Shanghai mulai menarik banyak penduduk dan rumah-rumah sederhana digantikan dengan gedung pencakar langit. Segera setelah itu, Shanghai dikenal sebagai kota terpadat di dunia.

Menurut PBS, Shanghai tenggelam sekitar delapan meter antara tahun 1921 dan 1965 atau sekitar dua inci setiap tahunnya. Hingga sekarang kota ini terus menurun sekitar setengah inci per tahun. Bahkan, menurut para ahli tidak banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kota ini tetap berada di atas tanah. Mereka mengatakan bahwa kota ini terlalu memikul beban yang berat.

3. New Orleans, Louisiana

Pada tahun 2006, National Geographic melaporkan bahwa kota ini tenggelam sekitar seperempat inci per tahun di tahun menjelang Badai Katrina. Meski kota ini memiliki tanggul untuk melindungi dari naiknya air laut, tapi tetap hal itu tidak cukup untuk membuat kota ini tetap bertahan.

Menurut laporan yang dikeluarkan pada tahun 2009 oleh National Academy of Engineering dan Dewan Riset Nasional mengatakan bahwa tanggul dan tembok anti banjir di sekitar New Orleans tidak dapat memberikan perlindungan mutlak.

2. Venice, Italia

Siapa yang tidak tahu kota terapung paling indah di dunia ini. Ya, meskipun sangat indah dan romantis, sayangnya kota Venice diprediksi akan tenggelam ditelan air.

Menurut The Christian Science Monitor, Venice sudah tenggelam hampir satu kaki selama 100 tahun terakhir. Meningkatnya air di Laut Mediterania juga semakin membuat kota ini akan tenggelam dengan cepat.

Melestarikan Venice merupakan prioritas utama Pemerintah Italia selama 30 tahun terakhir. Beberapa miliar euro sudah digelontorkan untuk membuat sistem penaggulangan banjir yang disebut Mose Project.

1. Meksiko City, Meksiko

Menurut ahli biologi, ada beberapa bagian dari kota ini yang tenggelam sekitar delapan inci per tahunnya. Kota ini juga sangat rawan banjir dari air tanah yang mengalir dari pegunungan di sekitarnya.

Selama ekstraksi air tanah dari Danau Texcoco pada abad ke-20 telah menyebabkan pondasi tanah liat di kota ini runtuh, yang pada akhirnya membuat kota ini anjlok ke dalam tanah.

Sekarang berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah untuk menyelamatkan kota ini termasuk dengan membuat proyek-proyek penaggulangan banjir yang bernilai miliaran US dollar.

Loading...
Loading...