in

7 Kelainan Pada Gigi Paling Aneh dan Langka

Setiap manusia pasti memiliki gigi yang berfungsi untuk mengunyah, menghancurkan atau meleburkan. Seperti halnya dengan organ tubuh manusia lainnya, gigi juga dapat mengalami berbagai macam masalah, misalnya saja ngilu, gigi berlubang, atau sakit gigi.

Mungkin kelainan seperti itu sudah pernah kita alami, namun bagaimana dengan kelainan gigi seperti gigi vampir, gigi tumbuh dalam hidung,dan bahkan bayi yang terlahir dengan 28 gigi. Mungkin kamu penasaran tentang kelainan gigi semacam itu.

Berikut ulasannya tentang kelainan pada gigi paling aneh dan langka, seperti dilansir Oddee.

7. Gigi tumbuh dalam hidung

Biasanya gigi itu tumbuh dalam mulut, lalu bagaimana kalau gigi tumbuh dalam hidung. Kejadian seperti ini benar-benar dialami oleh seorang pria asal Arab Saudi.

Awalnya, pria yang tidak disebutkan namanya itu sering mengalami mimisan selama sebulan terakhir. Hingga akhirnya pria berusia 22 tahun itu memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter tentang mimisannya itu. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter malah menemukan massa berwarna putih sepanjang 1 cm yang tumbuh dalam hidung pria itu.

Dokter menyimpulkan bahwa gigi itu merupakan gigi tambahan yang entah bagaimana gigi itu bisa tumbuh dalam hidung pria tersebut.

6. 232 gigi dalam mulut

Memiliki gigi sebanyak itu dalam mulut tentu sangat mengerikan dan jarang terjadi. Namun seorang remaja asal India benar-benar memiliki gigi sebanyak 232 butir dalam mulutnya. Dan kini gigi banyaknya itu sudah dicabut.

Dokter gigi yang menangani kasus remaja bernama Ashik Gavai menemukan kelainan langka dimana ratusan gigi seukuran marmer kecil tumbuh di dalam mulut remaja ini yang menyebabkan rahang bagian kanannya membengkak.

Kemudian dokter mulai menghitung satu per satu gigi yang sudah dicabut dalam mulut Ashik. Dan pada hitungan terakhir, jumlah gigi yang sudah dicabut dokter mencapai 232 gigi yang memiliki ukuran sebesar mutiara kecil.

5. Gigi vampir

Ternyata legenda gigi vampir si penghisap darah tidak hanya ada dalam film. Seorang remaja asal China bernama Wang Pengfei memiliki dua gigi di bagian depan yang tajam layaknya seorang vampir.

Pada bulan Desember 2012, sang ibunda, Wang Hui membawa anaknya ke rumah sakit setempat untuk melakukan tes medis. Semenjak lahir, remaja itu hanya memiliki sedikit rambut dan hanya memiliki dua taring tajam di dalam mulutnya.

Dokter di rumah sakit mengatakan bahwa anaknya hanya bisa melakukan operasi ketika ia beranjak dewasa.

4. Gigi tumbuh dalam otak bayi

Selain bisa tumbuh dalam hidung, ternyata gigi juga bisa nyasar ke dalam otak. Seorang bayi berusia 4 bulan dari Maryland mungkin menjadi orang pertama yang memiliki gigi dalam otaknya. Gigi tersebut merupakan bentuk dari tumor otak yang sangat langka.

Dokter mulai curiga ketika ada yang salah dalam kepala bayi ini, dimana kepalanya tumbuh lebih cepat dari bayi seusianya. Setelah melakukan scan otak, hasilnya menunjukkan ada tumor yang strukturnya mirip dengan gigi.

Akhirnya dokter melakukan operasi pengangkatan tumor yang menyerupai gigi tersebut. Dan kini tumor itu berhasil diangkat dan bayi itu bisa menjalani kehidupan normalnya.

3. Gigi dalam telinga

Selain nyasar di hidung dan di otak, gigi juga bisa tumbuh dalam telinga. Hmmm makin aneh saja, entar gigi tumbah di mana lagi yah?

Awalnya pria bernama Stephen Hirst ini mengalami sakit pada bagian telinganya selama tiga dekade. Pria yang sekarang berusia 47 tahun itu sudah bertemu dokter yang tak terhitung jumlahnya untuk mengetahui apa yang menyebabkan telinganya selalu terasa sakit.

Sampai salah seorang staff di Rumah Sakit Royal Hallamshire menemukan gigi tertanam di bagian telinganya dan sekarang sudah diangkat.

2. Gigi dalam mata

Nah, ternyata masih ada lagi gigi yang tumbuh bukan pada tempatnya. Kali ini gigi tumbuh di dalam mata yang tertanam dalam jaringan tumor pada bagian mata wanita asal India.

Wanita bernama Nagabhushanam Siva, 23, menderita tumor mata sejak lahir. Semakin lama, tumor yang dideritanya itu semakian membengkak. Pada suatu saat, penglihatan Siva tiba-tiba jadi kabur, dan memutuskan untuk memeriksakan kondisi matanya ke dokter.

Karena tumor itu tidak diobati setelah sekian lama, hal itu dapat merusak optik yang menyebabkan mata Siva jadi buta permanen. Saat melakukan pembedahan, ahli bedah menemukan gigi yang tumbuh bersamaan dengan jaringan tumor.

1. Bayi terlahir dengan 28 gigi

Ketika seorang bayi baru dilahirkan, tidak ada gigi yang tumbuh dalam mulutnya. Jadi sangat mengejutkan kalau seorang bayi baru lahir memiliki 28 gigi.

Pada tahun 2010, seorang ibu bernama Martha Muthoni menghebohkan warga Nyandarua County, Kenya, setelah melahirkan bayi laki-laki sehat yang terlahir dengan 28 gigi. Sekarang bayi itu sudah berusia empat tahun dan tumbuh tanpa ada masalah kesehatan.