in

6 Makanan Sehat Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang serius yang banyak dialami setiap orang. Seiring berjalannya waktu, hal itu bisa menyababkan kerusakan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke, dan gangguan kesehatan lainnya.

Gejala hipertensi sebenarnya tidak bisa diketahui sejak awal. Jika Anda merasa tidak memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Tapi jika Anda merasa memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya Anda mulai memperhatikan pola makan setiap harinya. Seperti dimuat laman Healthline, berikut beberapa makanan yang harus dikonsumsi bagi para penderita hipertensi.

6. Bayam

Makanan yang tinggi akan kalium ini memberikan Anda rasio kalium terhadap natirum yang lebih baik.. Perbaikan rasio ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sayuran hijau seperti selada, arugula, lobak, dan bayam merupakan sayuran yang tinggi akan kalium.

Cobalah untuk memilih sayuran segar atau beku, karena mereka mengandung banyak nutrisi karena itu bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Buah beri

Buah beri, terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Salah satu penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemuka bahwa mengkonsumsi senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan mungkin membantu mengurangi tekanan darah tinggi juga.

Blueberry, rasberry, dan stroberi bisa Anda coba untuk dimasukan ke dalam diet Anda.

4. Kentang

Kentang tinggi akan magnesium dan kalium, dua mineral yang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Mereka juga kaya akan serat, yang diperlukan untuk diet sehat secara keseluruhan. Nikmati kentang panggang setiap makan malam Anda.

3. Buah bit

Para peneliti di Queen Mary University of London menemukan bahwa pasien dengan tekanan darah tinggi melihat perbaikan yang signifikan setelah meminum jus buah bit. Para penulis studi menyimpulkan bahwa jus buah bit mengandung nitrat yang menurunkan tekanan darah para peserta dalam waktu 24 jam.

Anda bisa dengan mudah membuat jus bit sendiri di rumah. Selain itu rasa buah bit akan terasa lezat bila dipanggang atau ketika ditambahkan ke dalam hidangan kentang goreng dan minuman.

2. Susu skim

Bagi yang sedang menjalankan diet sebaiknya Anda memasukan makanan yang kaya akan kalsium. Salah satunya yaitu susu skim rendah lemak yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi juga.

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang tinggi akan serat, rendah lemak, dan makanan yang rendah akan sodium yang harus Anda coba untuk menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi oatmeal setiap sarapan pagi adalah cara yang terbaik yang baik.

Agar oatmeal tidak terasa hambar, Anda jangan terlalu banyak memasukan gula, sebaiknya Anda masukan gula secukupnya sebagai pemanis atau bisa juga dengan menambahkan madu.