Wow

5 Tanda Kamu Punya Kepribadian yang Solutif Meski Berada di Bawah Tekanan

5 Tanda Kamu Punya Kepribadian yang Solutif Meski Berada di Bawah Tekanan

Dalam dunia yang penuh ketidak pastian ini, kita gak pernah tahu kapan situasi sulit menyergap. Kondisi tiba-tiba yang membuat kita harus mengambil pilihan dan melakukan suatu tindakan seringkali datang tanpa bisa kita kendalikan. Gak semua orang bisa mengatasi kondisi seperti ini.

Jika kamu termasuk dalam salah satu orang yang solutif, maka kamu wajib banget merasa bersyukur lho. Pasalnya, sifat satu ini akan sangat menolong kamu di waktu yang terdesak. Yuk simak poin berikut untuk lebih tau apakah kamu benar-benar sosok yang solutif atau gak.

Baca Juga : Patut Dicontoh, 5 Seleb Ini Tak Pernah Pamer Meski Punya Harta Melimpah

1. Kamu gak gampang panik dalam situasi apapun

Tanda pertama dapat dilihat dari bagaimana responmu ketiaka berada di situasi yang menegangkan. Apakah selama ini kamu bukan pribadi yang gampang panik? Jika iya, bisa jadi kamu sudah punya bibit-bibit solutif dalam dirimu. Memikirkan jalan keluar dari berbagai situasi juga lebih mudah bagimu karena kepanikan gak gampang kamu rasakan.

2. Daripada berdebat dan bertengkar, kamu lebih suka berdiskusi dan mencari solusi

Orang yang solutif juga ditunjukkan dengan kecenderungannya untuk menghindari perdebatan tiada akhir dan lebih memilih jalan diskusi untuk mencari solusi. Alih-alih memaksakan kehendak atau melihat segalanya dari sudut pandangnya semata, si solutif lebih senang menjadi sosok yang open minded dan mencari jalan tengah yang bisa menguntungkan semua pihak. Kamu begini gak?

3. Berasumsi juga bukan sifatmu karena kamu lebih suka mengonfirmasi langsung pada yang bersangkutan

Selanjutnya, berkaitan dengan asumsi nih, sosok yang solutif gak suka banget melakukan tindakan satu ini. Berasumsi dan berspekulasi baginya hanya akan membuang waktu dan mendatangkan kerugian karena mungkin dia akan bertindak gak benar. Jika memang ada yang mengganggu pikirannya, dia lebih suka mengkonfirmasi langsung pada yang bersangkutan.

4. Ketika berhadapan dengan hal baru, kamu punya cara sendiri untuk mengatasinya

Beberapa orang sangat menghindari melakukan hal-hal baru karena mereka akan merasa canggung dan takut melakukan kesalahan. Tapi sosok yang solutif sih gak mungkin begini. Mereka menyukai tantangan dan melakukan hal baru karena itu artinya dia bisa mencoba cara dan strategi baru untuk menaklukan hal tersebut.

5. Bagimu, masalah apa pun pasti ada penyelesaiannya

Yang pasti, sosok yang solutif sangat berbeda dalam cara berpikir. Ketika orang lain menghindari masalah, mencari jalan pintas, atau bergantung dengan orang lain ketika ditimpa situasi sulit, mereka yang solutif justru akan berusaha sendiri terlebih dahulu sebisa mungkin. Karena, mereka percaya bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Banyak banget keuntungan yang bisa didapat jika kamu mau melatih diri untuk menjadi lebih solutif dalam berbagai situasi. Tekanan seperti apapun gak akan mudah memecah konsentrasimu dan kamu bisa lebih fokus untuk mencari jalan keluar dari masalah yang datang menghadang. Kamu sudah punya tanda yang mana nih dari kelima poin di atas?

To Top