Wow

5 Negara Ini Masih Menganut Sistem Kerajaan Lho

5 Negara Ini Masih Menganut Sistem Kerajaan Lho

Sistem kerajaan atau monarki mungkin terdengar sangat tua. Sistem kerajaan adalah sistem pemerintahan tertua yang mungkin menurutmu amat ketinggalan zaman. Banyak negara, termasuk Indonesia, memilih untuk tidak lagi menganut sistem kerajaan demi kepentingan bersama.

Meski semakin tergerus zaman, ternyata ada beberapa negara yang masih menganut sistem kerajaan lho. Apa saja?

1.Jepang

5 Negara Ini Masih Menganut Sistem Kerajaan Lho

Sejak 660 sebelum Masehi, Jepang sudah menganut sistem kerajaan. Karen hal ini Jepang disebut sebagai negara dengan sistem kerajaan tertua di dunia. Hingga saat ini pemerintahan Jepang dipegang oleh Kaisar sebagai pemegang teguh sistem pemerintahan.

Beberapa waktu lalu Jepang sempat mengalami konflik perebutan kekuasan antara kaisar dan pimpinan militer tertinggi. Namun pada akhirnya, kaisarlah yang tetap berkuasa atas sistem pemerintahan Jepang.

2. Maroko

5 Negara Ini Masih Menganut Sistem Kerajaan Lho

Sejak dinasti Idriss pada tahun 788, Maroko memiliki pemerintahan monarki atau kerajaan. Tahun 1957, gelar raja digunakan sebagai gelar pemegang kekuasan tertinggi setelah tahun-tahun sebelumnya mereka menggunakan gelar berbeda.

Di Maroko, perdana menteri tetap bertugas sebagai kepala pemerintahan dengan sistem multi partai. Tahun 2011, Maroko mengumumkan bahwa mereka menganut sistem monarki konstitusional.

3. Inggris

5 Negara Ini Masih Menganut Sistem Kerajaan Lho

Kerajaan Inggris adalah kerajaan yang paling menyita perhatian dunia. Hampir seluruh kehidupan anggota Kerajaan Inggris bisa menjadi konsumsi berita masyarakat dunia. Inggris memutuskan menganut sistem kerajaan modern sejak tahun 1066.

Pada tahun 1066, kerajaan Inggris dipimpin oleh Harold Godwinson, dimana ia meneruskan tahta kepemimpinan sebelumnya yakni oleh Edward the Confessor.

4. Norwegia

5 Negara Ini Masih Menganut Sistem Kerajaan Lho

Fot: nbcnews.com

Norwegia memiliki sejarah yang terkenal, salah satunya adalah sejarah tentang bangsa Viking. Selain, itu, sistem pemerintahan kerajaan Norwegia juga tak kalah menarik dengan sejarah Viking. Norwegia yang sebelumnya dikuasai bangsa Viking, berusaha kuat dan mandiri agar bangsa Viking tak lagi berkuasa di daerah mereka.

Seiring berjalannya waktu, Norwegia semakin kuat dan mampu melepaskan diri dari pengaruh bangsa Viking. Sejak tahun 885, Norwegia resmi menjadi negara kerajaan yang berdiri sendiri.

5. Kamboja

5 Negara Ini Masih Menganut Sistem Kerajaan Lho

Salah satu negara di Asia Tenggara yang masih menganut sistem kerajaan adalah Kamboja. Kamboja merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang sempat menguasai Asia Tenggara pada abad ke-11. Awalnya, dinasti Funan adalah dinasti pertama yang menguasai Kamboja pada tahun 68.

Dinasti Funan memiliki kemampuan maritim kuat pada masa itu. Sayangnya lambat laun dinasti Funan mulai merosot karena Kamboja dijajah Prancis dan baru merdeka tahun 1953. Pada tahun 1955, Kamboja mulai menata kembali sistem monarki mereka dan menetapkan kerajaan kesatuan elektif parlementer sebagai sistem pemerintahan sejak tahun 1993.

To Top