in

5 Mitos Paling Umum Tentang Ular

Pernahkah anda mendengarkan cerita seperti ini? Jika ular lebih besar dari anda, mungkin ular tersebut bisa menelan anda hidup-hidup. Itu tidak benar, faktanya meskipun ular itu sangat besar namun tetap saja ular tersebut tidak bisa menelan anda hidup-hidup, dan belum pernah ada kejadian ular menelan manusia.

Ini merupakan salah satu contoh mitos tentang ular, masih ada banyak mitos lain tentang ular, mau tahu apa saja mitos tersebut, berikut 5 mitos paling umum tentang ular.

Ilustrasi Ular Raksasa (images: Blazer Blog)


Mitos #1

Ular sangat licin dan basah saat disentuh.

Kebenaran.

Ini tidak benar, sebenarnya ada ular yang berlendir. Sisik ular juga sangat halus, dan sangat mudah meluncur ketika berada di atas kulit, demikian pula ular tidak berkeringat. Tergantung di mana ular itu ditemukan, ketika disentuh ular tersebut bisa dingin atau hangat. Hal ini karena ular tidak dapat membuat panas tubuh mereka sendiri.

Mitos #2

Ular memiliki taring dan gigitan yang bisa menyebabkan kematian.

Kebenaran

Tidak semua ular memiliki taring, juga tidak semua ular memiliki racun. Kebenarannya ada beberapa ular yang cara memburu mangsanya yaitu dengan lilitan super keras yang bisa menghancurkan tulang manusia, berbeda dengan ular berbisa yang menggunakan bisa dan gigitannya untuk membunuh mangsanya.

Mitos #3

Ular besar bisa memakan anda seperti ular piton dan boa.

Kebenaran

Semuanya itu tidak benar, kebanyakan piton banyak dipelihara manusia, sedangkan ular boa tidak akan pernah mencapai ukuran yang lebih besar dari manusia. Demikian pula dengan ular Anacondas, kemungkinan dimakan ular ini sungguh tidak bisa.

Mitos #4

Ular dapat menghipnotis manusia dan hewan dengan matanya.

Kebenaran

Ini sangat-sangat tidak benar, mana mungkin ada ular bisa menghipnotis manusia dan hewan lainnya dengan cara apapun.

Mitos #5

Ular Milk Snake ingin merebut susu pada sapi dan merebut semuanya.

Kebenaran

Namanya memang Milk Snake atau Ular Susu, namun ular ini sama seperti ular lainnya sebuah predator. Coba saja berikan satu gelas susu pada ular ini.

Loading...
Loading...