in

5 Letusan Gunung Berapi Paling Menakutkan

Letusan gunung berapi merupakan salah satu benca alam yang menakjubkan. Letusan tersebut dapat menghancurkan daerah sekitar tergantung dari kekuatan yang dikeluarkan gunung berapi tersebut.

Peristiwa gunung meletus merupakan bencana alam yang terjadi secara alami. Letusan tersebut berfungsi untuk menyeimbangkan alam. Di mana ada bencana alam pasti ada korban jiwa akibat bencana tersebut, yaitu pasti terjadi karena itu merupakan hukum alam.

Di dunia ini ada banyak gunung berapi yang aktif dan pernah terjadi beberapa letusan yang sangat menakutkan. Namun dari banyak letusan yang pernah terjadi, hanya ada lima letusan yang paling menakutkan, dan berikut lima letusan gunung berapi paling menakutkan.

5. Gunung Pelee, Perancis

Gunung Pelee, Perancis (Images: Montserratvolcano)

Gunung ini pernah meletus pada tahun 1902 dan menghancurkan Kota St. Pierre beserta 30.000 warga. Letusan gunung ini tercatat sebagai salah satu letusan yang menimbulkan banyak korabn jiwa.

4. Gunung Laki, Islandia

Gunung Laki, Islandia (images: Volcano.group.cam.ac.uk )

Laki atau Lakagigar (Kawah Laki) merupakan sebuah celah vulkanik di Islandia Selatan. Sebenarnya Gunung Laki tidak meletus, namun membuka celah di setiap sisi gunung tersebut sehingga lava, awan panas dan asam fluorida beracun keluar dari celah tersebut dan berakibat membunuh makhluk hidup yang tinggal di sekitar Gunung Laki.

3. Gunung Vesuvius, Italia

Gunung Vesuvius, Italia (images: Cityknown)

Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Daratan Eropa yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia. Kota Pompeii dan Herculaneum hancur akibat letusan gunung ini. Korban jiwa akibat letusan ini sekitar 10.000 hingga 25.000 jiwa.

2. Gunung Tambora, Indonesia

Gunung Tambora, Indonesia (images: cosmostv)

Letusan Gunung Tambora di Indonesia merupakan letusan gunung berapi yang tercatat paling buruk dalam sejarah dunia. Akibat letusan ini 92.000 jiwa melayang. Awan panas dan abu panas menjadi penyebab banyak korban jiwa yang jatuh.

1. Gunung Krakatau, Indonesia

Gunung Krakatau, Selat Sunda, Indonesia (images: Pearl of Archpelago)

Letusan gunung berapi yang paling menakutkan sejagat raya adalah letusan Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Pulaun Sumatra, Indonesia. Letusan gunung ini menyebabkan tsunami besar yang menewaskan 36.000 jiwa. Bahkan suara letusan gunung ini terdengar sampai di Alice Springs, Australia. Dan daya ledaknya mencapai 30.000 kali bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.