in

5 Fakta Mencengangkan Seputar Kentut

Orang yang sudah meninggal masih bisa kentut

Tidak ada satu insanpun yang bisa lepas dari yang namanya kentut. Kentut sendiri memiliki fungsi menjaga keseimbangan tubuh agar perut tidak kembung dan juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh berbentuk gas.

Satu-satunya fakta tentang kentut yang sudah diketahui banyak orang adalah baunya yang tak sedap. Tidak ada satu orangpun yang memiliki bau kentut seperti aroma parfum, baik itu selebriti, pejabat atau presiden. Namun, masih banyak fakta mencengangkan tentang kentut selain dari baunya yang tak sedap. Penasaran? Berikut dilansir dari berbagai sumber fakta-fakta mencengangkan tentang kentut.

5. Meski Sudah Meninggal, Manusia Masih Bisa Kentut

Inilah bukti nyata bahwa seorang manusia tidak bisa lepas dari kentut, bahkan ketika sudah meninggal. Tiga jam setelah tubuh tak bernyawa lagi, gas dalam tubuh mencoba mencari celah untuk melarikan diri yaitu lewat mulut atau pantat. Alhasil tubuh yang sudah mati masih bisa mengeluarkan kentut. Fenomena ini disebabkan otot-otot berkontraksi dan berkembang sebelum rigor mortis (tanda fisik kematian).

4. Kentut Suka Keluar Saat Tidur

Tanpa Anda sadari, kentut akan keluar dengan sendirinya tanpa seijin Anda ketika sedang tertidur lelap. Tetapi banyak orang yang tidak menyadari dan bahkan tidak mau mengakui suka kentut saat sedang tidur. Padahal tanpa sepengetahuan Anda, kentut suka kabur lho saat Anda sedang tidak sadar.

3. Manusia Kentut 14 Kali Sehari

Rata-rata manusia memproduksi sekitar setengah liter kentut setiap harinya. Terutama wanita yang kentut lebih sering dibandingkan dengan pria.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika pria dan wanita makan makanan yang sama persis, wanita cenderung memiliki gas kentut yang lebih pekat dibandingkan dengan pria.

2. Jika Dikumpulkan, Kekuatan Kentut Setara Dengan Bom Atom

Apa yang terjadi bilsa kentut seseorang dikumpulkan selama bertahun-tahun. Menurut sebuah penelitian, jika seseorang kentut secara terus-menerus tanpa henti selama 6 tahun 9 bulan, maka ia akan menghasilkan gas dengan energi yang setara dengan bom atom.

1. Kentut Mudah Terbakar

Metana dan hidrogen dalam bakteri yang terlibat memproduksi kentut dapat membuat gas kentut mudah terbakar. Bahkan beberapa orang mencoba membuktikan hipotesis ini dan ternyata memang benar.

Loading...
Loading...