in

5 Alasan Jerman Jadi Juara Piala Dunia 2014

(foto: Reuters/Michael Dalder)

Jerman berhasil meraih gelar juara Piala Dunia untuk yang keempat kalinya setelah kalahkan Argentina 1-0 di stadion Maracana, Rio de Janerio, Minggu (13/7). Tentu prestasi gemilang Jerman itu diraih dengan kerja sama tim mereka yang luar biasa.

Selama Piala Dunia, Jerman tidak pernah kalah dari lawan timnya tapi mereka pernah bermain imbang saat melawan Gahana dibabak fase grup. Berikut Wow Menariknya merangkum beberapa alasan kenapa Jerman bisa juarai Piala Dunia 2014.

5. Jerman memiliki kiper terbaik di Piala Dunia 2014

Manuel Neuer dinobatkan sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2014 setelah pertandingan final selesai dilaksanakan. Memang pantas bagi kiper berusia 28 tahun ini untuk meraih gelar tersebut. Selama perannya sebagai penjaga gawang di Piala Dunia 2014, tercatat Manuel Neuer hanya kebobolan empat angka.

Banyak pemain penyerang dari tim lawan yang kewalahan untuk membobol gawang Neuer misalnya saja Benzema yang hanya bisa tersenyum saja saat beberapa tendangan mautnya dengan mudah dipatahkan Neuer.

4. Peran penting Pelatih Jerman Joachim Low

Kemenangan Jerman tak lepas dari bimbingan sang pelatih, Joachim Low. Dengan strategi ampuhnya, terbukti Jerman tidak pernah kalah di setiap pertandingan di Piala Dunia, hanya sekali imbang saat melawan Ghana.

Selain itu, pria berusia 54 tahun ini memiliki sikap yang kalem dalam memandu anak buahnya yang sedang berlaga di lapangan hijau.

3. Para pemain Jerman memiliki sikap tidak egois

Kerja sama tim merupakan kunci untuk memenangkan suatu pertandingan. Hal ini ditunjukan oleh Jerman bagaimana kerja sama tim yang baik dalam dunia sepak bola. Para pemain Jerman terutama yang berposisi sebagai penyerang maupun gelandang menunjukan sikap kalem dan anggun saat memainkan bola di lini belakang musuh. Masing-masing dari mereka tak terlalu memiliki keinginan kuat untuk menciptakan gol sendiri.

2. Jerman selalu menguasai pertandingan

Di setiap pertandingan Jerman selalu menguasai jalannya pertandingan sehingga membuat mereka selalu unggul. Pada saat melawan Argentina di babak final, menurut catatan FIFA penguasaan bola pemain Jerman mencapai 60%. Tentu hal ini tidak terlepas dari pemain Jerman yang selalu bermain kalem.

1. Jerman banyak diisi oleh pemain berbakat

Thomas Muller, Mesut Ozzil, Toni Kroos, Klose dan Sami Khedira merupakan salah satu dari sekian banyak pemain berbakat yang dimiliki timnas Jerman. Mereka bisa bekerjasama dengan baik untuk merobohkan pertahanan lawan. Hal itu terbukti saat Jerman membantai tim tuan rumah Brasil 7-1.

Selain itu di lini belakang Jerman banyak diisi oleh pemain yang sangat sulit untuk ditembus seperti Mats Hummles, dan sang kapten Philipp Lahm.