in

4 Hal Menakjubkan yang Dilakukan Otak Ketika Sedang Tidur

(foto: dailyhealthpost.com)

Tahukah kamu bahwa otak itu sebenarnya tidak pernah tidur? Ketika tidur, mungkin tubuh beristirahat dan tidak bisa melakukan aktivitas, namun itu bukan berarti otak Anda ikut tidur juga, melainkan otak Anda tetap bekerja, tetapi cara kerja otak ketika kita sedang tidur itu agak sedikit berbeda dengan saat kita sudah bangun.

Loading...

Saat tertidur otak tetap melakukan tugasnya, seperti membuat kita tetap bernafas, mencerna makanan, mengirim sinyal ke organ lainnya agar tetap bekerja, dan masih banyak hal lainnya. Selain itu, ada beberapa hal menakjubkan yang dilakukan otak ketika sedang tertidur.

Apa saja itu? Berikut 4 hal menakjubkan yang dilakukan otak ketika sedang tidur, seperti dilansir Daily Health Post.

4. Membuat dan Mengkonsolidasikan Ingatan

loading...

Saat tertidur, otak akan membuat dan memperkuat ingatan serta menghubungkannya dengan ingatan yang sudah lama, sehingga menciptakan sebuah konsolidasi jaringan ingatan. Jika seseorang sering lupa dengan segala sesuatu yang dikerjakannya dalam jangka pendek, kemungkinan besar orang itu kekurangan tidur. Dengan kata lain memiliki waktu tidur yang cukup dapat memperbaiki dan memperkuat ingatan seseorang.

3. Detoksifikasi

Detosifikasi bisa diartikan sebagai lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun dalam tubuh. Jadi, saat tertidur seluruh tubuh akan bekerja untuk membersihkan kadar racun dalam tubuh. Setelah racun itu diproses, maka akan dikeluarkan lewat organ tubuh yang berfungsi mengeluarkan racun, sehingga membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Ketika tingkat hormon turun saat tidur, sistem glymphatic akan melepaskan cairan serebrospinal di sekitar otak dan sumsum tulang belakang, yang nantinya akan membersihkan sel-sel yang mati dan langsung membuang racun dalam tubuh.

Tanpa proses tidur atau kekurang tidur, memungkinkan racun dalam tubuh akan menumpuk yang pada akhirnya dapat buruk bagi kesehatan. Selain itu, kurang tidur dapat memicu penyakit neurodegenerative, seperti Alzheimer.

2. Belajar dan Mengingat Cara Melakukan Tugas Fisik

Orang yang bermimpi dalam tidurnya memungkinkan mereka melatih aktivitas fisiknya. Meskipun sebagian besar ingatan dalam mimipi hilang ketika bangun, sebenarnya informasi dalam mimpi itu disimpan dalam ingatan jangka panjang sebagai hasil dari ‘semburan singkat gelombang otak’.

Diperkirakan bahwa semburan itu terjadi ketika lobus temporalis menerima ingatan baru dari korteks motor, kemudian memprosesnya dan menyimpannya.

Jadi, ketika Anda bermimpi melakukan sebuah aktivitas, hal itu sangat berguna untuk meningkatkan performa aktvitas Anda di dunia sungguhan.

1. Membuat Keputusan

Sementara tubuh sedang tertidur, otak malah memproses informasi yang sudah diterima dan bekerja untuk menemukan jawaban dari informasi yang sudah diterima tadi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, menguji teori bahwa otak kita tetap memproses informasi yang sudah diterima walau kita sedang tidur. Peserta diminta untuk memilih salah satu dari kata binatang atau benda, kemudian mereka disuruh memilih tangan kiri atau kanan untuk menandakan pilihan kata tadi. Ketika peserta sudah tertidur, peneliti terus berbicara tentang pilihan kata-kata tadi. Hasilnya, peserta tadi yang sedang tertidur menanggapi ucapan peneliti dengan gerakan motorik seperti yang mereka lakukan ketika sedang bangun.

Itulah beberapa hal menakjubkan yang dilakukan otak ketika tubuh sedang tertidur. Jadi, ini adalah alasan yang terbaik agar Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

loading...
Loading...
Loading...