Wow

3 Alasan Mengapa Buka Puasa Harus Dengan yang Manis

3 Alasan Mengapa Buka Puasa Harus Dengan yang Manis

“Berbukalah dengan yang manis” Kalimat itu sudah tidak asing lagi didengar. Namun pernahkah kalian berfikir, kenapa berbuka puasa dianjurkan untuk  mengonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu?

Dalam kesempatan kali ini, kami akan mengulas 5 alasan mengapa buka puasa harus dengan yang manis.

1. Salah satu anjuran Rasulullah SAW

3 Alasan Mengapa Buka Puasa Harus Dengan yang Manis

Hadist tentang berbuka puasa menyebutkan makanan yang dikonsumsi ketika berbuka adalah ruthab, yaitu kurma segar yang baru dipetik, belum mengering akibat dijemur.

Baca Juga: Tips Mengajarkan Anak Berpuasa di Usia Dini

Jika tidak ada, Rasulullah Muhammad SAW biasa berbuka dengan kurma. Jika tidak ada juga, maka dengan air, seperti diterangkan dalam hadis riwayat Ahmad dan Abu Dawud.

Sudah tidak asing lagi dengan rasa kurma kan? Rasanya sangat manis dan memiliki kandungan yang sangat bermanfaat didalamnya

2. Mengontrol nafsu makan berlebih

3 Alasan Mengapa Buka Puasa Harus Dengan yang Manis

Ketika berbuka puasa keinginan untuk memakan segala jenis makanan seringkali memenuhi isi kepala. Allah tidak menyukai hal yang berlebihan.

Ada alasan yang kuat mengapa Allah tidak menyukai jika hal itu terjadi, selain berdampak negatif pada pandangan di sekitar, makan berlebih saat berbuka juga berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Pada saat kita mendahulukan makanan manis untuk berbuka puasa, itu akan memberi efek rasa kenyang sehingga meminimalisir keinginan diri untuk memakan segala jenis makanan secara berlebih.

Baca Juga: Tips Menjaga Bibir Tetap Lembab saat Puasa

3. Makanan manis merupakan sumber kalori yang diolah tubuh dengan cepat

3 Alasan Mengapa Buka Puasa Harus Dengan yang Manis

Makanan atau minuman yang manis merupakan sumber kalori yang mudah untuk diolah tubuh dengan cepat. Ini sebabnya pada saat berbuka puasa kita sebaiknya segera membatalkan puasa dengan mengonsumsi sesuatu yang manis-manis.

Sehingga energi dan stamina tubuh kita yang sempat menghilang dapat segera kembali.

Tidak hanya itu, rasa manis juga dapat mengingkatkan kadar gula darah di dalam tubuh, yang bisa membuat kita kembali bersemangat dan tidak merasa lemas. Meningkatnya kadar gula juga membantu proses metabolisme tubuh kita kembali normal.

To Top