Woman

Mitos-Mitos Saat Menstruasi yang Jangan Kamu Percayai Lagi

Mitos-Mitos Saat Menstruasi yang Jangan Kamu Percayai Lagi

Menstruasi pasti dialami setiap perempuan yang sudah masuk ke dalam usia puber. Bagi sebagian perempuan yang rutin mengalami menstruasi setiap bulannya pasti pernah mengalami hal-hal yang biasanya diakait-kaitkan dengan siklus menstruasi.

Banyak sekali mitos yang berkembang di Indonesia yang dikaitkan dengan perempuan yang sedang menstruasi. Seperti tidak boleh melakukan hal-hal tertentu atau tidak boleh mengkonsumsi sesuatu.

Agar tidak terjebak lagi dengan mitos-mitos saat menstruasi yang tidak benar, mening kita simak fakta sebenarnya berikut ini yang sudah disajikan Wow Menariknya.

1. Lemas Yang Sering Dirasakan Perempuan Yang Sedang Menstruasi

Mitos-Mitos Saat Menstruasi yang Jangan Kamu Percayai Lagi

Foto: vemala.com

Biasanya perempuan yang sedang mengalami menstruasi sering merasakan lemas dan cenderung malas untuk melakukan aktivitas. Bahkan ada sebagian perempuan yang tidak bisa sama sekali melakukan aktivitas.

Baca Juga: 4 Hal Yang ‘Haram’ Dilakukan Saat Menstruasi

Banyak yang percaya bahwa rasa lemas tersebut timbul karena banyaknya darah yang keluar. Namun faktanya perempuan yang sedang menstruasi paling banyak mengeluarkan darah hanya satu cangkir saja.

Keluarnya darah tersebut tidak akan memebuat seseorang merasa lemas secara berlebih. Jika memang merasa lemas, mungkin saja perempuan yang sedang menstruasi kurang asupan gizi, bukan karena banyaknya darah yang keluar.

2. Pembalut yang Digunakan Bisa Menyebabkan Iritasi dan Kanker

Mitos-Mitos Saat Menstruasi yang Jangan Kamu Percayai Lagi

Foto: hipwee.com

Pembalut pasti digunakan perempuan yang sedang menstruasi. Meskipun begitu, masih banyak perempuan yang takut menggunakan pembalut karena mereka percaya jika bahan dasar pembalut tersebut berasal dari kertas daur ulang yang dicampur dengan zat pemutih.

Sehingga banyak yang percaya jika mereka menggunakan pembalut bisa menyebabkan gatal dan bisa saja sampai menderita kanker jika digunakan terus menerus.

Baca Juga: Mengenal 7 Warna Darah Haid Pada Wanita Dan Artinya

Faktanya, pemakaian pembalut saat menstruasi tidak akan menyebabkan gatal, iritasi ataupun kanker kalau saja kita menggunakannya secara baik.

Contoh jangan menggunakan pembalut seharian tanpa menggantinya atau jangan biarkan pembalut dalam kaeadaan lembab Nah biasanya hal itulah yang akan menyebabkan gatal hingga iritasi.

3. Tidak Boleh Keramas Saat Menstruasi

Mitos-Mitos Saat Menstruasi yang Jangan Kamu Percayai Lagi

Foto: loop.co.id

Perempuan yang sedang menstruasi biasanya tidak diperbolehkan mencuci rambutnya. Alasannya karena ketika menstruasi pori-pori kulit kepala akan membesar sehingga ketika kita mencuci rambut bisa menyebabkan sakit kepala.

Faktanya sakit kepala yang timbul saat menstruasi bukan karena keramas, tetapi karena efek dari premestral syndrome (PMS). Sebaliknya, keramas saat sedang menstruasi malah akan memeberikan efek segar pada tubuh kita.

Jadi mulai sekarang berhentilah percaya akan hal-hal yang selalu dikait-kaitkan dengan perempuan yang sedang menstruasi. Bagi para perempuan yang sedang menstruasi, kalian bisa melakukan aktivitas seperti orang-orang pada umumnya.

You May Like

Loading...
To Top