in

In 11 Tips Merawat Rambut ala Beauty Vlogger

Tips merawat rambut
Foto: soompi.com

Siapa yang setuju jika rambut adalah salah satu elemen penting untuk menunjang penampilan seseorang? Ya, kebanyakan orang khususnya wanita sangat memperhatikan kondisi rambut hingga tidak segan menghabiskan uang untuk merawatnya.

Untuk kamu yang ingin memiliki rambut indah, sehat, halus dan mudah diatur tapi tetap ingin hemat, seorang beauty vloger asal Korea Selatan membagikan tips merawat rambut yang sederhana namun tetap membuat rambut berkilau. Penasaran?

1. Keramas di malam atau sore hari

Sebagian dari kita mungkin memilih keramas di pagi hari sebelum beraktifitas agar segar, namun tahukah kamu jika waktu terbaik keramas adalah sore hari?

Saat sore atau malam hari, rambut kita menjadi kotor karena aktifitas seharian. Mencuci rambut di malam hari akan membersihkan kulit kepala dari debu, minyak, kotoran dan sel kulit mati secara menyeluruh.

Baca Juga: 4 Trik Cepat Memanjangkan Rambut dalam Seminggu

2. Menyisir rambut sebelum keramas

Untuk mencegah rambut kusut saat dikeramas, kamu sebaiknya menyisir rambut terlebih dahulu mulai dari bagian bawah rambut. Menyisir rambut juga berfungsi untuk merontokan kotoran yang menempel pada rambut. Kamu juga bisa memijat kulit kepala sejenak untuk membuat kulit kepala lebih rileks.

3. Semprotkan minuman bersoda pada akar rambut

Ya, ini memang terdengar aneh. Minuman bersoda ternyata mampu membersihkan secara mendalam rambut dan kulit kepala khususnya dalam hal mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa memasukan minuman bersoda pada botol semprot dan menyemprotkannya pada akar rambut.

Meski fungsinya untuk membersihkan secara menyeluruh, kamu tidak dianjurkan melakukannya setiap saat sebelum keramas. Kamu bisa mengaturnya seperti satu kali dalam seminggu.

4. Jangan langsung mengusapkan shampoo pada rambut

Kebanyakan kita mungkin memiliki kebiasaan untuk menuang shampoo pada telapak tangan kemudian langsung diusapkan pada rambut. Mulai sekarang, perbaiki kebiasaan tersebut.

Sebelum kamu mengusapkan shampoo pada rambut, sebaiknya kamu campur terlebih dahulu shampoo dengan air. Busakan dengan telapak tangan, kemudian baru kamu usapkan pada kulit kepala atau rambut. Hal ini mampu meningkatkan fungsi dan bahan yang terkandung dalam shampoo.

5. Menunggu sebelum dibilas

Setelah selesai menggunakan shampoo, tunggu sekitar 3 menit sebelum dibilas. Akan lebih baik jika kamu memijat secara lembut kulit kepala agar lebih rileks dan sehat. Kulit kepala yang sehat akan mempengaruhi pertumbuhan rambut.

6. Bilas dengan air hangat

Membilas rambut dengan air bersuhu panas akan membuat kulit kepala kering, sedangkan membilas dengan air dingin akan membuat rambut lebih cepat lepek dan berminyak.

Untuk itulah kamu dianjurkan untuk membilas rambut dengan air hangat. Air hangat mampu membersihkan sisa debu dan kotoran yang masih menempel pada rambut.

Meski disarankan untuk membilas rambut dengan air hangat, bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan air dingin. Meski air dingin mampu membuat rambut lebih cepat berminyak, air dingin ternyata mampu mengatasi rambut rontok dan mudah patah.

Baca Juga: Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya dan Seledri

7. Mulailah menggunakan produk perawatan rambut

Tak perlu ke salon, kamu bisa menemukan berbagai produk perawatan rambut di supermarket terdekat. Kamu bisa mulai menggunakan masker rambut.

Usapkan dari tengah rambut ke ujung rambut. Jangan mengusapkannya pada kulit kepala karena akan membuatnya berminyak. Tunggu 5-10 menit dan gunakan hair cap agar nutrisi terserap sempurna oleh rambut. Setelah itu bilas hingga bersih.

8. Keringkan rambut dengan handuk

Satu lagi kebiasaan yang membuat rambut cepat kusut dan rusak adalah menggosok rambut dengan handuk. Setelah keramas, sebaiknya kamu cukup mengusap dengan lembut atau menepuk-nepuk rambut yang basah dengan handuk.

9. Perhatikan cara menggunakan hair dryer

Kamu bisa mengeringkan rambut dengan hair dryer untuk menambah volume rambut. Gunakan suhu panas untuk mengeringkan bagian atas rambut dan suhu dingin untuk bagian tengah sampai ujung rambut. Sesuaikan jarak antara hair dryer dengan kulit kepala agar tidak terlalu panas.

10. Sisir rambut dengan lembut

Sebagai tahap akhir perawatan rambut, gunakan sisir untuk menata dan merapikan rambut. Kamu akan merasakan perubahan setelah melakukan tahap-tahap sebelumnya. Rambut akan lebih bersinar, lembut, dan kulit kepala yang terasa lebih segar.

11. Minum teh hijau sebelum tidur

Teh hijau dipercaya mampu mempercantik rambut, sehingga banyak orang yang mulai menggunakan teh hijau dengan cara menyemprotkannya pada rambut. Namun jika kamu merasa tak sempat melakukannya, kamu cukup menikmati secangkir teh hijau sebelum tidur.

Setelah meminum teh hijau di malam hari, kamu akan terkejut melihat perubahan pada rambut yang semakin hari semakin berkilau. Selain itu teh hijau juga bermanfaat untuk kulit dan membuat perasaanmu menjadi lebih baik.

Nah, itulah beberapa tips merawat rambut agar selalu bersinar dan sehat. Selamat mecoba!

Loading...
Loading...