in

Girls, Ini yang Harus Kamu Siapkan Jika Ingin Nikah Muda

Girls, Ini yang Harus Kamu Siapkan Jika Ingin Nikah Muda 1

Teruntuk kamu cewek-cewek yang sudah memasuki usia 20-an mungkin beberapa di antara kamu tertarik untuk nikah muda. Ya, menikah dan berkeluarga memang menjadi dambaan semua orang. Tapi tahukah kamu apa saja yang harus kamu persiapkan jika ingin menikah di usia muda?

Mungkin kamu sedikit iri dan bertanya-tanya bagaiman bisa teman sebayamu menikah di usia cepat. Nah, ini adalah beberapa tips serta hal-hal yang perlu kamu persiapkan jika ingin memulai keluarga di usia muda. Apa saja?

1. Dana

Di zaman ini memang segala sesuatu butuh dana. Bukan cuma menikah, untuk kehidupan kamu sehari-hari tentu kamu juga membutuhkan dana. Dana pernikahan memang termasuk pengeluaran yang cukup besar. Untuk itu menabunglah mulai sekarang.

Baca Juga: 7 Aksi Balas Dendam Di Pernikahan Mantan Ini Konyolnya Kebangetan

Bicarakan dengan santai dengan calon pasangan soal dana pernikahan, dan biasakan untuk menabung bersama. Yang harus kalian tekankan adalah komitmen bersama agar dana yang terkumpul sesuai harapan. Jangan memaksakan diri ya, pilih konsep pernikahan yang sesuai dengan kantong bersama. Ingat, setelah menikah akan ada pengeluaran-pengeluaran lain yang juga harus disiapkan.

2. Tempat tinggal

Setelah menikah nanti kamu mau tinggal di mana? Rumah orang tua/mertua? Rumah sendiri? Atau masih belum tahu akan tinggal di mana? Nah, tempat tinggal juga harus kamu persiapkan bersama. Jika tak ingin tinggal bersama orang tua, cobalah untuk mulai mencari tempat tinggal sederhana.

Tempat tinggal menjadi cukup penting. Di sanalah kalian akan hidup bersama pasangan dan anak kalian nantinya. Mungkin di awal-awal pernikahan saat keuangan masih belum stabil, kamu bisa memilih tempat tinggal sederhana sambil menabung untuk membeli rumah yang lebih layak. Ingat ya, tempat tinggal yang layak akan mempengaruhi tumbuh kembang anakmu nantinya.

3. Hubungan dengan keluarga pasangan

Ada yang mengatakan “kamu kan menikahi anaknya, bukan orang tuanya”, mungkin hal ini ada benarnya juga. Namun, saat kamu menikahi pasanganmu nanti tentu kamu akan juga melekat pada keluarga pasangan.

Sebelum menikah dengan pasanganmu nanti, kamu juga harus memiliki hubunga ya g baik dengan calon mertuamu dan juga keluarga pasanganmu nanti. Karena itu akan menjadi orang tuamu juga. Jadi perlakukan mereka dengan baik, sehingga kamu pun diperlakukan dengan sangat baik.

Baca Juga: Kenapa Setelah Menikah Wanita Lain Selalu Terlihat Lebih Cantik Dari Istri Sendiri?

4. Mental

Menikah adalah sebuah langkah yang sangat besar dalam hidup. Menikah bisa berarti meninggalkan keluarga dan memulai hidup baru dengan pasangan kita. Untuk itu dibutuhkan mental yang kuat.

Bukan hanya kamu, tapi pasanganmu juga harus memiliki komitmen dalam membina hubungan. Perbanyaklah untuk mengobrol serius atau membiasakan diri untuk mengeluh padanya jika ada masalah.

Kalian akan terbiasa dengan obrolan-obrolan dari masalah sederhana. Saat menghadapi masalah rumah tangga nanti, kalian sudah tahu bagaimana menemukan solusi bersama. Intinya, cobalah untuk peka dan mengargai posisi satu sama lain. Ingat ya, calon suamimu adalah orang yang akan menemanimu sampai akhir hayat nanti!

5. Sudah ada pasangannya?

Dana sudah ada, tempat tinggal sudah ada, mental juga sudah yakin, tapi kamu masih belum menemukan pasanganmu? Menikah tidak mungkin dilakukan sendirian. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk membuka hati untuk orang baru yang siapa tahu bisa menjadi pasangan kalian nantinya.

Jangan terburu-buru ya, segala sesuatu butuh proses. Pada intinya, yakinkan dulu hatimu kalau dia adalah orang yang tepat. Kamu juga bisa dengarkan nasihat-nasihat dari orang tua atau sahabat tentang calon pasanganmu. Jangan sampai kamu menyesal. Pilihlah pria yang membuatmu jatuh cinta padanya setiap hari.

Itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan jika ingin menikah muda. Sebenarnya masih banyak hal lain yang harus kamu persiapkan sebelum menikah. Tapi, yang terpenting adalah keyakinanmu pada pasanganmu. Selamat berjuang!

Loading...