in

6 Hal yang Haram Dilakukan Untuk Pori-Pori Besar

6 Hal yang Haram Dilakukan Untuk Pori-Pori Besar 1

Belakangan ini marak produk-produk kecantikan dengan klaim membersihkan sampai ke dalam pori, mengecilkan pori-pori, sampai mengatasi berbagai masalah wajah yang berkaitan dengan pori-pori. Nah, sebenarnya apa yang terjadi pada wajah sampai pori-pori membesar?

Pori-pori sebenarnya adalah folikel rambut yang terbuka. Folikel terbuka ini mengandung kelenjar minyak. Semakin berminyak kulit seseorang, maka pori-pori mereka cenderung lebih besar. Hal ini juga dipengaruhi oleh fakor keturunan dan jenis kulit.

Pori-pori yang membesar bisa dipengaruhi beberapa faktor misalnya penggunaan makeup yang membuat kelenjar minyak tersumbat, paparan sinar matahari, sampai turunnya tingkat elastisitas kulit.

Teruntuk kamu pemilik pori-pori besar, ada beberapa kesalahan sederhana yang harus kamu hindari agar pori-porimu bisa lebih tenang dan tak semakin membesar. Apa saja?

Baca Juga: Ini 6 Rahasia Kulit Mulus Wanita Jepang, Mudah Sekali Untuk Dicoba!

1.Terlalu sering menggunakan ‘oil paper’

6 Hal yang Haram Dilakukan Untuk Pori-Pori Besar 2
Foto: alibaba.com

Menggunakan ‘oil paper’ memang menyenangkan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Kamu akan merasa puas melihat minyak di wajah terserap oleh si kertas minyak. Tapi tahukan kamu jika hal tersebut justru buruk untuk pori-pori?

Hal ini akan sangat buruk untuk wajahmu, karena semakin kamu berusaha menghilangkan minyak di wajah, hal itu akan membuat wajah berusaha lebih keras untuk memproduksi minyak. Pada dasarnya wajah kita tetap membutuhkan minyak untuk hidrasi. Untuk mengurangi kebiasaanmu ini, kamu bisa menggunakan kertas minyak maksimal sehari satu kali atau menggantinya dengan tisu super tipis.

2. Memencet jerawat atau komedo

6 Hal yang Haram Dilakukan Untuk Pori-Pori Besar 3
Foto: verywellhealth.com

Ada yang punya hobi memencet jarawat atau komedo? Memang rasanya menyenangkan sekaligus gemas melihat jerawat yang sudah memerah dan siap ‘meledak’. Tapi hal itu sebenarnya haram dilakukan lho.

Memencet jerawat dapat membuat jerawat menjadi lebih meradang dan parah karena bakteri menjadi tersebar di bagian lain dan tertanam lebih dalam. Bukan hanya itu, tekanan yang diberikan jari atau alat lain yang digunakan untuk memencet jerawat akan meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang. Bekas jerawat ini akan membuat porimu terlihat lebih besar, jadi mulai sekarang hindari memencet jerawat ya!

3. Teralu sering mengelupas kulit

6 Hal yang Haram Dilakukan Untuk Pori-Pori Besar 4
Foto: goldcostmedspa.com

Ada dua cara untuk mengelupas sel kulit mati di permukaan kulit, secara physical dan chemical. Sebenarnya, mengelupas kulit sama seperti mengiritasi kulit. Sel kulit mati memang diangkat secara perlahan, namun hal ini membuat pori terlihat lebih besar dan produksi minyak semakin meningkat.

Hal yang harus dihindari adalah mengeluapas sel kulit mati dengan cara physical. Kamu bisa menggunakan chemical peeling yang lebih ramah di kulit seperti yang bisa kamu temukan dalam beberapa produk toner. Selain membersihkan, mereka juga mampu melembabkan kulit.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Produk Perawatan Kulit yang Dilarang Dokter

4. Malas menggunakan pelembab

6 Hal yang Haram Dilakukan Untuk Pori-Pori Besar 5
Foto: hellogiggles.com

Pori besar sekaligus wajah berminyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembab. Wajahmu tetap membutuhkan pelembab agar tetap terhidrasi. Semakin kamu membuat wajahmu kering dengan melupakan pelembab, semakin wajahmu berusaha memproduksi minyak lebih banyak yang akhirnya membuat pori tersubat.

Jika wajahmu kering, kulit akan kehilangan elastisitasnya begitu juga dengan pori-pori kehilangan elstisitas yang membuatnya tetap terlihat besar bahkan semakin besar seperti berlubang.

5. Konsumsi makanan tinggi gula, makanan berminyak, produk susu dan alkohol

6 Hal yang Haram Dilakukan Untuk Pori-Pori Besar 6
Foto: focusedcollection.com

Siapa sih yang bisa menahan nikmatnya es krim, donat, coklat, dan makanan manis lainnya? Mungkin kamu akan berpikir kembali setelah tahu bahwa makanan dengan kadar gula tinggi bisa memperparah pori-pori wajah.

Kadar gula yang melonjak akan membuat kulit mengalami peradangan. Peradangan ini bisa berupa meningkatnya kadar minyak, pembesaran pori yang berakibat pada jerawat dan masalah kulit lainnya.

Alkohol bisa membuat dehidrasi, ini sebabnya orang yang minum alkohol akan merasa kehausan keesokan harinya. Dehidrasi juga bisa terjadi pada kulit wajah yang ditandai dengan produksi minyak berlebih pada wajah.

6. Terlalu sering retouch makeup

6 Hal yang Haram Dilakukan Untuk Pori-Pori Besar 7
Foto: fimela.com

Retouch makeup menjadi agenda wajib wanita setelah makan siang atau setelah bekerja. Wajah yang terlihat berminyak saat siang hari artinya sudah terkena bakteri dan polusi. Porimu akan semakin parah jika kamu mencoba retouch makeup. Memang hal ini membuat wajah terlihat lebih segar namun tahukah kamu kalau itu sama seperti mengunci bakteri pada wajah?

Retouch makeup akan membuat pori menjadi lebih besar, secara khusus di daerah sekitar hidung dan dahi. Hal ini dikarenakan minyak dan bakteri terjebak oleh bedak yang kita gunakan saat retouch. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan wajahmu sebelum retouch untuk menghilangkan minyak dan bakteri.

Nah, itu dia beberapa hal yang haram dilakukan untuk kamu si pemilik pori besar. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kebersihan wajahmu ya!

Loading...