in

4 Efek Bahaya yang Mengancam dari Penggunaan Kosmetik

4 Efek Bahaya yang Mengancam dari Penggunaan Kosmetik 1

Rasanya wanita tidak akan merasa sempurna ketika berpenampilan tanpa make up. Jadi penggunaan kosmetik dalam make up itu sudah jadi hal wajar.

Namun perlu diktehui bahwa bahan-bahan kosmetik yang digunakan untuk make up ada efek sampingnya yang sangat berbahaya. Berikut beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan kosmetik saat make up.

loading...

1. Iritasi kulit

4 Efek Bahaya yang Mengancam dari Penggunaan Kosmetik 2
Foto: doktersehat.com

Banyak wanita yang menghiraukan dampak dari penggunaan kosmetik yang satu ini. Meski tergolong ringan, jika dibiarkan lebih lama lagi iritasi kulit dapat membuat kulit wajah Anda jadi rusak parah.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Bedakan Produk Kosmetik Yang Asli Dan Palsu

Biasanya iritasi kulit ditandai dengan munculnya jerawat, kulit jadi merah, dan bahkan mengelupas. Jika Anda sudah mengalami iritasi kulit seperti ini, mungkin kosmetik yang Anda gunakan sangat tidak cocok.

2. Kulit berjerawat

4 Efek Bahaya yang Mengancam dari Penggunaan Kosmetik 3
Foto: fimela.com

Jerawat adalah masalah utama yang bisa membuat risau semua wanita. Tak lain yang bisa menimbulkan jerawat pada wajah itu adalah kosmetik yang sering digunakan. Apalagi sering gonta ganti kosmetik dapat membuat jerawat semakin banyak dan sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu jangan terlalu sering menggunakan kosmetik.

3. Mata jadi merah dan gatal

4 Efek Bahaya yang Mengancam dari Penggunaan Kosmetik 4
Foto: halodoc.com

Lensa mata dan beberapa kosmetik yang sering digunakan di sekitar daerah mata dapat menimbulkan rasa gatal dengan mata kemerahan jika seandainya tidak cocok. Masalah seperti ini juga banyak disepelekan, padahal jika dibiarkan terlalu lama dapat merusak indra penglihatan Anda.

Baca Juga: 8 Foto Ini Buktikan Make Up Bisa Menghilangkan Jerawat Membandel

Jadi, berhati-hatilah saat memilih eyeshadow, eyeliner, dan maskara. Selain itu bersihkan bekas make up dengan benar agar tidak meninggalkan iritasi pada mata.

4. Kulit menjadi kusam

4 Efek Bahaya yang Mengancam dari Penggunaan Kosmetik 5
Foto: sociolla.com

Tujuan dari menggunakan kosmetik agar membuat wajah terlihat lebih cerah dan putih, tapi karena penggunaannya yang tidak benar serta pemilihan bahan kosmetik yng digunakan salah malah membuat kulit wajah jadi kusam. Untuk mengatasi semua itu, pilihlah kosmetik yang benar-benar bagus dan gunakan secara tidak berlebihan.

Boleh-boleh saja menggunakan kosmetik, tapi pilihlah produk kosmetik yang asli, bukan abal-abal. Dan lebih baiknya lagi gunakan kosmetik seperlunya saja, contohnya saja saat mau menghadiri acara.

loading...
Loading...
Loading...