in

3 Kandungan Produk Kosmetik yang Harus Kamu Hindari

3 Kandungan Produk Kosmetik yang Harus Kamu Hindari 1

Semakin marak produk kosmetik yang beredar di pasaran, membuat kita harus ekstra berhati-hati dalam memilih. Jika tidak teliti, tujuan yang awalnya merawat dan mempercantik wajah justru membuatnya mengalami masalah kulit yang serius.

Sebelum tertarik membeli beberapa produk kecantikan, ada baiknya kamu memeriksa kandungan di dalamnya. Kesalahan dalam membeli produk kecantikan bisa membuat mengalamin break out parah seperti jerawat, kusam, dan mengalami perubahan drastis pada tekstur wajah.

Untuk kamu yang tertarik menggunakan atau mengganti produk kosmetik, pastikan produk kecantikan Anda tidak mengandung bahan-bahan ini karena sangat berbahaya.

1. Minyak mineral

3 Kandungan Produk Kosmetik yang Harus Kamu Hindari 2
Foto: skinstore.com

Baca Juga: 4 Efek Bahaya yang Mengancam dari Penggunaan Kosmetik

Minyak mineral atau mineral oil memang bagus untuk menjaga kelembaban kulit. Bahan ini juga dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Namun ini bisa jadi masalah besar jika wajahmu berminyak dan berjerawat.

Mineral oir bisa membuat pori-pori tersumbat sehingga kotoran dan minyak akan terjebak dalam pori-pori kulit. Hal inilah membuat mineral oil menjadi kandungan yang wajib dihindari bagi kulit berjerawat.

2. Isopropyl Myristate

3 Kandungan Produk Kosmetik yang Harus Kamu Hindari 3
Foto: cintaihidup.com

Isopropyl merupakan bahan sejenis alkohol, sedangkan myristate merupakan asam yang biasa ditemukan dalam kosmetik. Produk perawatan yang mengandung bahan ini biasanya akan meninggalkan kesan bebas minyak pada kulit.

Meskipun isopropyl myristate berguna untuk melindungi kulit, namun produk ini tidak cocok untuk jerawat. Penggunaan produk dengan kandungan di atas dapat menyumbat pori dan membuat jerawat semakin parah. Bukan hanya itu, produk ini juga mampu membuat kulit mengalami peradangan karena iritasi.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Bedakan Produk Kosmetik Yang Asli Dan Palsu

3. Acetylate Lanolin Alcohol

3 Kandungan Produk Kosmetik yang Harus Kamu Hindari 4
Foto: indiamart.com

Produk perawatan yang mengandung bahan di atas biasanya berfungsi untuk melembutkan kulit. Tapi jika kamu mencampur produk acetylate lanolin alcohol dengan produk yang salah, hal tersebut akan membuat wajahmu mudah berjerawat. Kandungan tersebut bisa menjadi cukup keras untuk kulit dan membuat wajahmu bermasalah.

Acetylate lanolin alcohol mengandung ekstrak minyak yang memberikan efek samping pada kulit. Setelah menggunakan produk ini, komedo menjadi sering menghampiri wajahmu.

Nah, itulah tiga kandungan dalam produk perawatan wajah yang harus kamu hindari agar mendapatkan wajah cantik yang kamu inginkan.

Loading...
Loading...