in

3 Jenis Makanan yang Dapat Memperparah Jerawat

3 Jenis Makanan yang Dapat Memperparah Jerawat 1
Foto: cosmopolitan.co.id

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang harus dihindari. Gaya hidup yang tidak sehat, udara kotor, faktor hormonal, hingga asupan nutrisi menjadi penyebab berkembangnya jerawat.

Meski ada banyak hal penyebab jerawat, ternyata ada tiga hal terbesar yang menyebabkan wajah seseorang rentan berjerawat. Yang pertama adalah ketidak seimbangan hormon, yang kedua adalah peradangan, dan terakhir adalah kadar gula dalam tubuh.

Meski kita membutuhkan gula untuk pembentukan energi, kadar gula yang terlalu tinggi akan meningkatkan insulin. Insulin yang meningkat akan menaikan kadar hormon androgen dimana hormon ini akan membuat kulit kita terutama wajah memproduksi lebih banyak minyak. Inilah mengapa kulit berminyak rentan berjerawat.

Untuk mencegah jerawat, kamu bisa mulai menghindari makanan-makanan ini yang dipercaya dapat memperparah jerawat.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik untuk Membasmi Jerawat

1. Gula

3 Jenis Makanan yang Dapat Memperparah Jerawat 2
Foto: flickr.com

Gula banyak kita temukan dalam banyak produk, misalnya minuman bersoda, jus dalam kemasan, kue, makanan manis, permen, dan lain-lain. Sadar atau tidak, semakin banyak kamu mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, semakin mudah wajahmu mengalami breakout seperti beruntusan dan jerawat.

Hal itu dikarenakan produksi minyak pada wajah meningkat dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Untuk itu hindari makanan dengan kadar gula tinggi atau kamu bisa menggantinya dengan pemanis alami.

2. Produk susu sapi

3 Jenis Makanan yang Dapat Memperparah Jerawat 3
Foto: realmofhistory.com

Meski sehat dan memiliki banyak manfaat, ternyata produk susu sapi seperti susu dalam kemasan dan keju tidak dianjurkan untuk kulit berjerawat. Produk susu mengandung gula alami, serta zat yang menyebabkan peradangan jerawat semakin parah.

Mulailah untuk mengganti produk susu sapi dengan susu yang berbahan dasar kacang-kacangan atau tumbuhan.

Baca Juga: 11 Kandungan dalam Produk Kosmetik Untuk Atasi Kulit Berjerawat

3. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

3 Jenis Makanan yang Dapat Memperparah Jerawat 4
Foto: fitnessmonster.net

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi mampu meningkatkan gula darah dengan drastis. Makanan seperti roti tawar, nasi putih, sereal, keripik kentang, dan makanan dengan karbohidrat buruk lainnya adalah makanan yang harus dihindari.

Kamu bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan rendah karbo seperti beras cokelat, roti gandum dan oats.

Nah, itulah beberapa makanan yang wajib kamu hindari agar jerawat tidak semakin parah. Semoga bermanfaat!

Loading...
Loading...