Tekno

4 Tips Hemat Kuota Saat Pandemi

4 Tips Hemat Kuota Saat Pandemi

Pada selama masa pandemi seperti ini kita sering merasa bosan yang seolah membunuh. Hampir semua orang beraktifitas berkenaan dengan sosial media baik bekerja atau sekedar penghilang rasa bosan dengan scrolling di medsos. Hal itu bisa terjadi mungkin kamu tidak punya pacar. Hehe maaf becanda.

Hasilnya kamu membutuhkan kuota lebih agar tetap waras kan? tapi masalahnya gaada uang buat beli kuota ekstra, boro-boro beli kuota buat kebutuhan lain pun masih banyak. Tenang, kamu bisa menghemat kuota dengan cara cara berikut ini.

1. Memindai Aplikasi yang mengonsumsi kuota besar

Pertama kamu harus memintai aplikasi yang mengonsumsi banyak kuota. Untuk mengaturnya, kamu bisa pergi ke Setting>Data Usage atau jika Hp kamu pake bahasa indonesia pengaturan > data yang di gunakan kemudian temujkan aplikasi yang menyedot banyak kuota.

Baca Juga: Kenapa Sih Internet Itu Harus Ada Kuotanya? Ini Alasannya yang Harus Kamu Ketahui

Setelah kamu menemukan aplikasinya kamu bisa menghentikan penggunaan data backgroun atau latar belakang. Hal itu bisa meminimalisir penggunaan kuota yang belebih, karena aplikasi tsb akan aktif hanya apabila kamu membukanya.

2. Tidak Meng-Update Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Kebanyakan dari aplikasi akan melakukan pembaharuan secara berkala. Nah, di antara aplikasi tersebut pasti ada yang memakan kuota yang sangat besar sehingga kamu akan lebih boros. Jika aplikasi itu penting bagi kamu tentu update diperlukan, jika tidak maka bisa tunda dulu sampai memiliki kuota yang lebih besar atau terhubung dengan wifi.

3. Meng-Aktifkan peringatan penggunaan data

Selain membatasi penggunaan data background kamu juga bisa memanfaatkan fitur data usage warning dan limit system yang ada di tiap smartphone. Fitur ini akan sangat membantu sekali saat kamu mencoba untuk berhemat kuota. Karena, kalau sudah bermain dan berselancar di dunia maya, kita suka lupa waktu. Untuk mengatur peringatan data ini, kamu bisa klik menu Settings > Data usage > Cellular data > Set Cellular data limit.

4. Membatasi penggunaan streaming

Streaming musik dan video adalah kegiatan yang bisa menyedot kuota internet dalam porsi banyak. Usahakan untuk mengurangi kegiatan ini sebisa mungkin kalau memang kuota yang kamu punya sudah sangat terbatas. Kecuali jika kamu memakai provider yang murah meriah dengan kuota tak terbatas, maka kamu bisa menggunakannya untuk streaming apapun.

Untuk bisa hemat kuota, kamu juga bisa menambah kegiatan lain selama berada di rumah. Entah itu dengan berjemur, olahraga, memasak, membaca buku, atau kegiatan lain. Sehingga, aktivitas kamu tak hanya terbatas dengan berselancar di internet saja. Sampai semua ini berlalu, tetap sehat dan di rumah saja ya.

To Top