in

Inilah 10 Rudal Nuklir Paling Berbahaya

Rudal nuklir paling berbahaya
Foto: theamericanconservative.com

Dari peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang menewaskan lebih dari 240.000 jiwa, kita dapat menyimpulkan betapa bahayanya rudal nuklir yang dimiliki oleh negara-negara adidaya sekarang.

Dari tahun 1945 sampai runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, dunia mengalami Perang Dingin. Selama waktu itu, AS dan Uni Soviet menciptakan ribuan nuklir yang berkisar dari yang terkecil sampai yang terbesar, Inter-Continental Ballistic Missiles (ICBM) dan Submarine Launched Ballistic Missiles (SLBM)

Loading...

Perjanjian-perjanjian pun dikeluarkan untuk membatasi jumlah senjata yang dimiliki suatu negara. Namun, kenyataannya beberapa negara masih memiliki gudang besar yang berisikan senjata berbahaya. Hal ini tentu bisa menciptakan ketakutan akan perlombaan senjata baru. Dari penjelasan di atas, perkembangan nuklir semakin pesat yang berarti daya ledak nuklir tersebut sangat dahsyat.

Dilansir Wow Menariknya dari berbagai sumber, berikut 10 rudal nuklir paling berbahaya dengan daya ledak yang sangat dahsyat. Satu rudal nuklir ini mampu meratakan satu kota besar.

1. R-36M2 – ICBM (Uni Soviet/Rusia)

Rudal nuklir paling berbahaya
Foto: militaryrussia.ru

Pertama digunakan pada tahun 1974, R-36 telah mengalami beberapa perubahan yang pada satu waktu rudal ini dilaporkan mampu membawa hulu ledak dengan kekuatan 20-25mt. Perkembangan terakhir dari rudal R-36M2 memiliki 10 750kt hulu ledak dengan jangkauan sekitar 11.000 km. Kecepatan tertinggi rudal ini mencapai 8 km per detik dan CEP skeitar 200 m.

2. LGM-30G Minuteman III – ICBM (AS)

Rudal nuklir paling berbahaya
Foto: nationalmuseum.af.mil

Ini adalah satu-satunya rudal nuklir yang berbasis ICBM yang dimiliki oleh AS. Pertama digunakan pada tahun 1970. Kecepatan rudal ini bisa mencapai 8 km per detik dan CEP di bawah 200 m. Meskipun sudah tua, tapi rudal ini tetap tangguh yang mampu membawa tiga hulu ledak.

3. UGM-133 Trident II – SLBM (AS/Inggris)

Rudal nuklir paling berbahaya
Foto: theguardian.com

Trident II merupakan SLBM  kekuatan kapal selam milik AS dan Inggris. Rudal ini mulai beroperasi pada tahun 1990 dan sekarang sudah diperbaharui dan ditingkatkan. Trident II mampu membawa 14 hulu ledak, namun beberapa keputusan membuat rudal ini hanya mampu membawa 4-5 455kt hulu ledak. Jangkauan rudal ini bervariasi yaitu 7.800-11.000 km serta CEP 120 m.

loading...
Loading...
Loading...